Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Insinyur Mendukung Pemulihan Sektor Pariwisata di Indonesia

Sabtu, 06 November 2021 – 06:59 WIB
Insinyur Mendukung Pemulihan Sektor Pariwisata di Indonesia - JPNN.COM
Para pembicara webinar bertajuk “Kebangkitan Sektor Pariwisata Era Baru di Indonesia,” yang diselenggarakan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) pada Jumat (5/11/2021). Foto: Dok. PII

jpnn.com, JAKARTA - Sektor pariwisata adalah salah satu sektor yang paling terdampak akibat pandemi Covid-19. Kebijakan pembatasan perjalanan dan karantina, membuat banyak orang membatalkan perjalanan wisata mereka.

Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Heru Dewanto mengatakan insinyur ikut berperan dalam memulihkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di dalam negeri.

Dalam webinar bertajuk "Kebangkitan Sektor Pariwisata Era Baru Di Indonesia," Jumat (5/11/2021), Heru Dewanto mengatakan PII telah melakukan pengkajian terhadap permasalahan-permasalahan di Indonesia yang diakibatkan oleh pandemi, termasuk permasalahan yang menimpa industri pariwisata dan ekonomi kreatif dan merumuskan langkah-langkah untuk memulihkan sektor tersebut.

“PII di tengah pandemi, telah melakukan suatu refleksi, suatu imajinasi, desain ulang Indonesia ke depan. Salah satunya adalah sektor pariwisata. Untuk sektor pariwisata ada beberapa rekomendasi kita luncurkan, salah satunya adalah kita perlu menyusun satu standar protokol untuk mengaktifkan kembali daerah-daerah wisata tertentu," ujar Heru Dewanto.

Selain itu, diperlukan pilot project yang diterapkan di suatu daerah, yang kemudian direplikasi ke daerah-daerah lain.

Dia berharap dari strategi tersebut, akan muncul sepuluh Bali baru di Indonesia, yang pada akhirnya bisa memulihkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif dalam negeri.

Menurut Heru, Indonesia sejak tahun 2014 telah melakukan pembangunan infrastruktur yang luar biasa. Infrastruktur yang yang dibangun antara lain oleh insinyur itu, bisa dimanfaatkan untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Para insinyur bisa bergerak dengan membangun infrastruktur-infrastruktur lanjutan, yang akan mendukung industri pariwisata dan ekonomi kreatif.

Persatuan Insinyur Indonesia (PII) ikut berperan dalam memulihkan industri pariwisata dan ekonomi kreatif di dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close