Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Insya Allah MUI Segera Merilis Fatwa Bergaul di Medsos

Jumat, 10 Februari 2017 – 11:22 WIB
Insya Allah MUI Segera Merilis Fatwa Bergaul di Medsos - JPNN.COM
MUI. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam waktu dekat akan mengeluarkan fatwa tentang bergaul di media sosial (medsos). Rencana MUI mengeluarkan fatwa itu didasari fakta bahwa medsos menjadi wadah untuk menebar kebencian, fitnah dan adu domba.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI ‎Asrorun Niam mengatakan, saat ini pihaknya masih memantapkan tinjauan hukum Islam dalam masalah medsos. "Insya Allah pekan ketiga (Februari, red) fatwanya sudah keluar,” katanya di Jakarta, Jumat (10/2).

Asrorin menjelaskan, ada pergaulan di medsos yang tidak terjangkau sepenuhnya oleh hukum positif di Indonesia. Misalnya, aparat hanya bisa bergerak bila ada laporan dari pengguna medsos yang merasa dirugikan.

Karenanya MUI berupaya mengambil peran dengan mencegah netizen berkomentar negatif di medsos. Misalnya, di dalam Islam ada larangan memfitnah, gibah dan adu domba.

“Namun, kalau dilihat dari komentar di medsos sepertinya sudah terlalu jauh. Akibatnya saling mencerca, musuhan, dan hal negatif lainnya," tandasnya.

Asrorun berharap dengan adanya fatwa MUI nanti maka para pengguna medsos‎ bisa menjaga diri agar lebih beretika dan tidak menyebar kebencian yang bisa merusak tatanan hidup berbangsa.(esy/jpnn)

Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam waktu dekat akan mengeluarkan fatwa tentang bergaul di media sosial (medsos). Rencana MUI mengeluarkan fatwa

Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close