Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Investigasi Pesawat Jatuh di BSD, KNKT Cek Komunikasi Pilot dengan Petugas Menara Pengawas

Senin, 20 Mei 2024 – 06:30 WIB
Investigasi Pesawat Jatuh di BSD, KNKT Cek Komunikasi Pilot dengan Petugas Menara Pengawas - JPNN.COM
Petugas dari TNI/Pori dan Tim SAR melakukan evakuasi terhadap pesawat PK-IFP yang mengalami insiden kecelakaan di BSD, Tangerang Selatan pada Minggu (19/5). Foto: Azmi Samsul Maarif/Antara

jpnn.com, TANGERANG - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mulai menyusun tahapan investigasi menyeluruh kecelakaan pesawat PK-IFP yang jatuh di BSD, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan, Banten pada Minggu (19/5) sekitar pukul 14.09 WIB.

Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono mengatakan pihaknya akan menganalisa percakapan pilot dengan petugas pengaturan lalu lintas udara untuk tahapan investigasi.

"Dilakukan investigasi selanjutnya, tetapi nanti menunggu informasi-informasi yang lain setelah apa yang kita bongkar, termasuk percakapan dengan menara pengawas, itu nanti kita dengarkan," kata Soerjanto Tjahjono dikutip, Senin (20/5).

Dia menyampaikan selain menganalisa percakapan antara pilot dan petugas menara pengatur lalu lintas udara, KNKT juga akan memeriksa sejumlah serpihan yang ada dalam bagian pesawat PK-IFP tersebut.

Menurut Soerjanto, hal tersebut nantinya akan membantu dalam mengumpulkan data-data penyebab atas terjadinya insiden kecelakaan pesawat tersebut.

"Kami mencatat ada mesin yang jatuh di sebelah sana (tempat terjatuhnya pesawat, Red), dan ada baling-baling yang jatuh," ucapnya.

"Kita juga catat semua posisi-posisinya. Itu nanti dari posisi jatuhnya mencoba bagaimana sikap pesawat ketika terakhir sebelum menabrak pohon," tambahnya.

KNKT dalam hal ini belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut mengenai dugaan-dugaan penyebab terjadinya kecelakaan udara yang mengakibatkan tiga kru pesawat meninggal.

KNKT mulai menyusun tahapan investigasi pesawat jatuh di BSD, salah satunya menganalisis percakapan pilot dengan petugas menara pengawas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close