Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

IPW Dukung Langkah Kapolri Merekrut Novel Baswedan Cs

Sabtu, 02 Oktober 2021 – 19:21 WIB
IPW Dukung Langkah Kapolri Merekrut Novel Baswedan Cs - JPNN.COM
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Police Watch (IPW) mendukung langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit merekrut 56 eks pegawai KPK untuk menjadi ASN di Polri.

Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso mengatakan niat baik eks Kabareskrim itu perlu didukung.

"IPW menilai upaya Kapolri adalah niat baik yang perlu didukung," kata Sugeng dalam keterangannya kepada JPNN.com, Sabtu (2/10).

Sugeng mengatakan IPW mendukung langkah Kapolri berkeinginan menerima 56 pegawai eks KPK yang diberhentikan oleh lembaga yang dipimpin Firli Bahuri menjadi pegawai ASN Polri.

Namun, yang menjadi persoalan adalah peraturan perundang-undangan yakni KUHAP dan UU Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Republik Indonesia.

Pasalnya, dalam aturan itu tidak memungkinkan mereka bisa bertugas sebagai penyelidik dan atau penyelidik tipikor di Polri.

Menurut Sugeng, peraturan tersebut tegas menyatakan penyelidik dan penyidik adalah anggota Polri bukan ASN.

"Kalau ditempatkan sebagai ASN bidang pencegahan korupsi yang melakukan sosialisasi, kampanye dan terlibat dalam renstra Polri bidang antikorupsi mungkin bisa," kata Sugeng.

Indonesia Police Watch (IPW) mendukung langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit merekrut 56 eks pegawai KPK untuk menjadi ASN di Polri

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close