Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Irjen Agung: Ada 323 Kepala Daerah Terlibat Korupsi, yang Terakhir Bupati Bogor

Rabu, 18 Mei 2022 – 05:43 WIB
Irjen Agung: Ada 323 Kepala Daerah Terlibat Korupsi, yang Terakhir Bupati Bogor - JPNN.COM
Sekretaris Satuan Tugas Saber Pungli Pusat Republik Indonesia Irjen Pol Agung Makbul. (ANTARA/Teuku Dedi Iskandar)

jpnn.com, MEULABOH - Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat Irjen Agung Makbul mengungkap jumlah terbaru kepada daerah yang tersandung kasus korupsi.

“Terakhir seminggu lalu, Bupati Bogor Ade Yasin. Sehingga total kepala daerah yang tersandung masalah korupsi menjadi 323 orang,” ujar dia di Meulaboh, Selasa (17/5) malam.

Pernyataan ini dia sampaikan saat menghadiri undangan Bupati Aceh Barat Ramli yang turut dihadiri oleh unsur forkompimda dan pejabat daerah Aceh Barat.

Perwira tinggi Polri itu mengatakan tingginya angka kepala daerah terlibat kasus rasuah menjadi bukti gencarnya pemerintah menegakkan Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Namun, sampai saat ini masih saja ada kepala daerah yang tersandung kasus hukum akibat tindak pidana korupsi.

Agung mengatakan tindak pidana korupsi dan pungutan liar merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Untuk mencegah adanya kepala daerah atau penyelenggara pemerintahan terhindar dari praktik korupsi dan pungutan liar, Satgas Saber Pungli Pusat saat ini terus berupaya melakukan berbagai edukasi dan sosialisasi tentang Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Saber Pungli.

“Saber pungli itu pengendali dan penanggung jawabnya Menkopolhukam, sehingga atas undangan Bupati Aceh Barat dan seizin Menkopolhukam, saya hadir ke Aceh Barat untuk memberikan edukasi dan sosialisasi di Aceh Barat,” ujar dia.

Sekretaris Satgas Saber Pungli Pusat Irjen Agung Makbul menyebut ada ratusan kepala daerah yang terlibat kasus korupsi.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close