Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Irman Gusman: Kearifan Lokal Bisa Reda Konflik

Senin, 13 Februari 2012 – 18:48 WIB
Irman Gusman: Kearifan Lokal Bisa Reda Konflik - JPNN.COM
JAKARTA - Ketua DPD RI, Irman Gusman mengatakan, perlindungan hak asasi manusia (HAM) harus berjalan selaras dengan kewajiban. Jika keseimbangan ini bisa berjalan dengan baik, menurut Irman, akan tercapai kemajuan bangsa di bidang HAM.

"Salah satu faktor penentu untuk menuju keseimbangan tersebut, sebagai negara demokrasi, Indonesia harus segera memiliki persamaan hak di depan hukum dan pemerataan kesempatan ekonomi," kata Irman Gusman usai pertemuan dengan sejumlah penggiat HAM di Ruang Kerja Ketua DPD RI, gedung DPD, Senayan Jakarta, Senin (13/2).

Terjadinya banyak pelanggaran HAM di berbagai daerah seperti dalam konflik agraria di Kabupaten Mesuji Lampung, konflik pemilukada Kabupaten Kotawaringin Barat (kobar)di Kalimantan Tengah dan Papua Barat, kata Irman, itu juga bagian dari akibat tidak adanya persamaan hak dan kewajiban di depan hukum.

Lebih lanjut senator asal Sumatera Barat itu mengkritisi penyelenggaraan demokrasi tanpa didukung disiplin dan penegakan hukum. "Demokrasi seperti itu akan berbuah anarkisme," tegasnya.

JAKARTA - Ketua DPD RI, Irman Gusman mengatakan, perlindungan hak asasi manusia (HAM) harus berjalan selaras dengan kewajiban. Jika keseimbangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close