Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Isi Brankas Tua Peninggalan Belanda Masih Misterius

Rabu, 19 September 2018 – 04:55 WIB
Isi Brankas Tua Peninggalan Belanda Masih Misterius - JPNN.COM
Salah satu peninggalan brankas tua. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Di Surabaya terdapat banyak brankas tua peninggalan Belanda. Brankas yang berukuran jumbo itu tidak pernah dibuka. Tidak ada yang tahu pasti apa isinya. Brankas ukuran jumbo bisa dilihat di sejumlah gedung yang pernah difungsikan sebagai bank. Salah satunya di gedung Jawa Pos, Jalan Kembang Jepun Nomor 167-169, yang saat ini digunakan untuk kantor koran Radar Surabaya.

Di dalam gedung tersebut, terdapat tiga brankas yang tidak bisa dibuka. Lemari besi tersebut masih terkunci. Kuncinya tidak diketahui. Pengelola gedung tidak mengetahui keberadaannya. "Selama ini tidak pernah ada yang membuka," kata Juliati Lestari, seorang pegawai di kantor tersebut.

Brankas-brankas itu terletak di lantai 1 dan 2. Di lantai 1 ada satu brankas. Ukurannya 3 x 4 meter. Dua brankas lagi berada di lantai 2. Ukurannya 4 x 6 meter. Ketiganya tidak bisa dibuka. 

Gedung tersebut bekas kantor De Uniebank Voor Nedherland En Koloniel yang dibangun awal 1900-an. Brankas-brankas itu diperkirakan peninggalan bank. Meski begitu, kuncinya tidak ikut ditinggalkan.

Isi brankas tersebut menjadi misteri sampai kapan pun. Apalagi De Javasche Bank pernah digunakan untuk menyimpan 60 ton emas batangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close