Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Israel Klaim Tentara Iran Sudah Diusir dari Suriah

Kamis, 07 Mei 2020 – 16:07 WIB
Israel Klaim Tentara Iran Sudah Diusir dari Suriah - JPNN.COM
Pasukan Garda Revolusi Iran. Foto: Reuters

jpnn.com, YERUSALEM - Israel mengklaim bahwa Republik Islam Iran mulai mengurangi pasukannya di Suriah. Beberapa kamp militer Iran di negara penuh konflik itu kini sudah kosong.

"Untuk pertama kalinya sejak Iran mulai menancapkan pengaruhnya di Suriah, negara tersebut mengurangi jumlah pasukannya dan mengosongkan beberapa basis di sana," kata spejabat keamanan Israel dilansir oleh situs berita berbahasa Ibrani, Ynet.

Menurut sumber tersebut, pemerintah Suriah mulai kesal dengan keberadaan Iran di wilayah tersebut. Bagi rezim Bashar Al Assad, Iran kini bukan lagi aset, melainkan sudah jadi beban.

"Suriah membayar biaya yang terus membengkak karena kehadiran militer Iran di wilayahnya," tutur pejabat tersebut.

Pihak militer Israel tidak dapat dimintai komentar oleh Xinhua.

Pada hari yang sama, Menteri Pertahanan Israel Naftali Bennett memperingatkan bahwa Israel akan meningkatkan tekanan terhadap Iran agar menarik pasukannya dari Suriah.

"Pasukan Iran yang pergi ke Suriah dan melakukan beberapa aksi di sana tengah mempertaruhkan nyawa mereka sendiri," kata sang menteri, seraya memperingatkan bahwa Israel menganggap mereka sebagai target serangan yang sah.

"Kami tidak akan membiarkan Iran mendirikan basis-basisnya di Suriah," tegas Bennett.

Iran mulai mengurangi jumlah pasukannya di Suriah dan meninggalkan beberapa basis di negara tersebut, seperti dilaporkan media Israel pada Selasa (5/5).

Sumber Xinhua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close