Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Istana Jamin Sultan Tetap Dimuliakan

Jumat, 03 Desember 2010 – 04:04 WIB
Istana Jamin Sultan Tetap Dimuliakan - JPNN.COM
JAKARTA - Mengikuti pro-kontra yang berkembang tentang rancangan undang-undang (RUU) Keistimewaan Yogyakarta, Staf Khusus Presiden Bidang Informasi Heru Lelono merasa risau. Kerisauan Heru, karena pro-kontra itu telah disikapi secara emosional oleh sebagian masyarakat Yogya.

"Padahal pemerintah khususnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sedang berikhtiar untuk mengusulkan Undang-Undang yang baik bagi masa depan perkembangan Yogyakarta dan sekaligus menjamin keberlanjutan kemuliaan Kesultanan Yogyakarta," kata Heru, di Jakarta, Kamis (2/12).

Menurut dia, jika keistimewaan Yogyakarta yang berarti memuliakan sejarah Kesultanan Yogyakarta kemudian direduksi hanya dengan pemilihan seorang gubernur, maka hal itu sangat disayangkan. "Itu sangatlah sempit dan disayangkan. Memuliakan nilai-nilai sejarah Kesultanan Yogyakarta jauh lebih berharga dibanding hanya bicara kekuasaan politik. Karena posisi gubernur adalah posisi politik di pemerintahan," kata Heru.

Untuk itulah Presiden SBY beserta seluruh kabinet berikhtiar dengan Mendagri sebagai instansi teknis untuk mencari formula posisi yang mulia dan memiliki hak istimewa bagi seorang Sultan Yogyakarta, diatas seorang gubernur di propinsi Yogyakarta.

JAKARTA - Mengikuti pro-kontra yang berkembang tentang rancangan undang-undang (RUU) Keistimewaan Yogyakarta, Staf Khusus Presiden Bidang Informasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close