Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Istana Tarik 1.000 Ton Beras Bantuan untuk Korban Haiyan

Jumat, 22 November 2013 – 11:31 WIB
Istana Tarik 1.000 Ton Beras Bantuan untuk Korban Haiyan - JPNN.COM
Ketua Umum PMI, M Jusuf Kalla saat memeriksa bantuan yang akan disalurkan kepada korban topan Haiyan di Filipina, Jumat (22/11). Foto: Fathra/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Bantuan kemanusian terbesar Palang Merah Indonesia (PMI) tahap awal senilai Rp 25 miliar untuk korban bencana Topan Haiyan di Filipina resmi diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Namun dalam bentuk beras, bantuan yang dikirim hanya 500 ton.

Menurut Ketua Umum PMI, M Jusuf Kalla, sedianya bersama bantuan PMI ini akan dikirim sebanyak 1.500 ton beras, namun hanya 500 ton yang tersedia karena 1.000 ton beras lainya batal disumbangkan oleh Istana.

"Hari ini kita akan kirim mulai dari beras, 500 ton, mestinya 1500, tapi pihak Istana menarik bantuannya yang 1.000 ton, saya tidak tahu kenapa," kata Jusuf Kalla saat melepas keberangkatan bantuan PMI  ke Filipina di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (22/11).

Saat ditanya apakah penarikan bantuan beras untuk korban bencana haiyan oleh Istana ini bentuk ketidak pedulian pemerintah, JK menampik. Menurutnya, juga sudah mengirim bantuan sendiri.

"(Bukan) Tidak (Peduli), pemerintah sudah mengirim dan pemerintah sudah bantu 300 ton juga, cuma semua itu sisanya dulu, kita minta bawa, kemudian Presiden setuju 1.000 ton, tapi kemudian dibatalkan, saya tidak tahu kenapa," jelasnya lagi.

Ditambahkan JK, selama ini dalam mengirim bantuan kemanusian PMI yang berasal dari PMI dan sejumlah donatur swasta bersifat independen, namun kali ini PMI ingin bersama-sama dengan pemerintah mengirimkan bantuan tersebut. Tapi hal itu belum terwujud.(fat/jpnn)

JAKARTA - Bantuan kemanusian terbesar Palang Merah Indonesia (PMI) tahap awal senilai Rp 25 miliar untuk korban bencana Topan Haiyan di Filipina

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close