Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Istirahatkan Rambut saat Luang

Selasa, 11 November 2014 – 14:48 WIB
Istirahatkan Rambut saat Luang - JPNN.COM
PERHATIAN: Para ibu harus lebih memperhatikan keluhan anak yang memakai kerudung, terutama saat rambut basah oleh keringat. Foto: Dipta Wahyu/Jawa Pos

BERHIJAB menjadi salah satu kebutuhan pokok berbusana. Bila salah penanganan, tidak jarang rambut rontok dan berketombe. Model rambut dan asupan nutrisi ikut berperan pada kesehatan rambut.
------------------
ADA dua problem rambut yang sering disampaikan perempuan berhijab. Rambut dan kulit kepala menjadi lembap dan berminyak.

Dokter Trisniartami Setyaningrum SpKK mengungkapkan, hal itu ditengarai berkaitan dengan mengucurnya keringat dan minyak yang kemudian mengumpul selama beraktivitas.

’’Karena tertutup hijab, rambut jadi berminyak dan lepek,’’ kata spesialis kulit dan kelamin yang biasa disapa Trisni tersebut.

Staf medik serta pengajar Divisi Kosmetik Medik-Dept/SMF Kesehatan Kulit dan Kelamin RSUD dr Soetomo/FK Unair Surabaya itu menyatakan, kulit kepala yang berminyak akan menimbulkan ketombe.

Itulah penyebab munculnya gatal dan kerontokan rambut. ’’Ikatan pada rambut yang terlalu kencang juga dapat mengakibatkan kerontokan, kebotakan, kerusakan rambut seperti rambut patah,’’ ungkap perempuan kelahiran Tanjung Enim, 12 Februari 1973, tersebut.

Di daerah tropis, menurut Trisni, keringat lebih banyak keluar. Jika rambut tidak dirawat secara telaten, terutama kebersihan, bisa muncul penyakit kulit dan jamur.

’’Perempuan Hijabers mesti tahu kebutuhan rambutnya. Jangan hanya melihat dari segi fashion-nya,’’ papar dokter yang berpraktik di Surabaya Skin Centre tersebut.

Menurut Trisni, perawatan pada akar dan batang rambut dapat dilakukan dari detail terdekat. Misalnya, menjaga kebersihan rambut dengan keramas teratur minimal 2–3 kali seminggu. Dia juga menyarankan menggunakan sampo sesuai dengan jenis rambut.

BERHIJAB menjadi salah satu kebutuhan pokok berbusana. Bila salah penanganan, tidak jarang rambut rontok dan berketombe. Model rambut dan asupan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close