Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Italia Diguncang Gempa, 150 Tewas

Selasa, 07 April 2009 – 07:13 WIB
Italia Diguncang Gempa, 150 Tewas - JPNN.COM
Foto: AFP
L'AQUILA - Bumi yang bergoyang dahsyat meluluhlantakkan kota L'Aquila kemarin (6/4), sekitar 110 kilometer timur laut Roma. Gempa terjadi kala warga kota lelap dibuai mimpi pada pukul 3.32 pagi waktu setempat. Associated Press melansir, pusat gempa berada di kawasan pegunungan Abruzzo, Italia.

Badan Geologi Amerika Serikat menyebut gempa itu berkekuatan 6,3 Skala Richter, namun versi Institut Geofisika Italia menyatakan kekuatannya 5,8 SR. Kantor Berita Italia Ansa menyebut, selang 12 jam sesudah kejadian, sedikitnya 150 orang meninggal dan 1.500 terluka. ''Lebih dari 50 ribu penduduk kehilangan tempat tinggal,'' kata Menteri Dalam Negeri Italia Roberto Maroni seperti dilaporkan Reuters.

Kondisi kota yang berpenduduk 68.000 orang itu luluh lantak. Gereja tua dan bangunan lain --khususnya peninggalan zaman renaissance--, sejumlah universitas dan hotel juga ambruk. Mobil-mobil di jalanan terkubur oleh reruntuhan. Akses menuju L'Aquila pun tertutup karena jembatan dan jalan raya banyak yang rusak, menghambat upaya evakuasi tim penyelamat.

''Saya terbangun ketika mendengar suara seperti bom,'' tutur Angela Palumbo, 87, warga setempat. Bau busuk gas tercium di beberapa area karena pipa gas yang pecah.

L'AQUILA - Bumi yang bergoyang dahsyat meluluhlantakkan kota L'Aquila kemarin (6/4), sekitar 110 kilometer timur laut Roma. Gempa terjadi kala warga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close