Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tidak Main-Main, India Siap Buka Rahasia Industri Pertahanannya demi Bantu Indonesia

Selasa, 30 April 2024 – 20:29 WIB
Tidak Main-Main, India Siap Buka Rahasia Industri Pertahanannya demi Bantu Indonesia - JPNN.COM
(ki-ka) Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty, Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan RI, Piek Budyakto, dan Direktur Jenderal, Produksi Pertahanan, Kementerian Pertahanan, India, T. Natarajan dalam India-Indonesia Defence Industry Exhibition-cum Seminar di Jakarta, Selasa (30/5/2024). Foto: ANTARA/Kuntum Riswan

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah India menjanjikan transfer teknologi berdasarkan pengalaman dan keberhasilan maritim mereka guna membantu Republik Indonesia membangun industri pertahanan dan mewujudkan kemandirian pertahanan.

“Kami ingin berbagi pengalaman dalam upaya ini. Pengalaman inilah yang ingin kami bagikan kepada Anda hari ini dan bermitra dengan Anda untuk kolaborasi jangka panjang di sektor pertahanan,“ kata Duta Besar India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty dalam India-Indonesia Defence Industry Exhibition-cum Seminar di Jakarta, Selasa.

Chakravorty menjelaskan bahwa sektor pertahanan India sedang mengalami transformasi yang luar biasa berkat oleh dorongan pemerintah untuk 'Atmanirbharta yang artinya kemandirian dalam bidang Pertahanan.

Kementerian Pertahanan India, lanjutnya, mempelopori upaya untuk memperkuat kemampuan pertahanan negara dengan fokus pada desain, pengembangan, dan manufaktur dalam negeri.

“Pemerintah India memainkan peran penting dalam memastikan negara yang kuat, aman dan mandiri, karena negara ini mengalami peningkatan ekonomi dan sosial yang signifikan dan siap untuk menjadi negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia,” ucapnya.

?Persediaan militer India, disebutnya, mempunyai jangkauan dan skala yang serupa dengan peralatan militer Indonesia. Pada masa kemerdekaan tahun 1947, India memiliki kapal, pesawat terbang dan berbagai perlengkapan Angkatan Darat terutama dari Inggris dan Eropa.

Selain itu, India telah mendiversifikasi sumber daya dan memiliki alutsista dari banyak negara di dunia dalam dua dekade terakhir yang disebabkan oleh pertimbangan geo-politik dan kepentingan keamanan negara.

“Kinerja dan pesanan perusahaan-perusahaan pertahanan India berada pada titik tertinggi. Perusahaan-perusahaan pertahanan India telah mencapai rekor ekspor sebesar 2,63 miliar dolar AS (Rp42,79 triliun) pada tahun keuangan terakhir dan India siap menjadi salah satu eksportir pertahanan terkemuka pada tahun 2030,” tegasnya.

India menjanjikan transfer teknologi berdasarkan pengalaman dan keberhasilan maritim mereka guna membantu Republik Indonesia membangun industri pertahanan

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close