Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Iwan Bogananta Siap Membantu Produk Indonesia Menembus Pasar Bulgaria, Albania dan Makedonia

Selasa, 16 Juni 2020 – 23:31 WIB
Iwan Bogananta Siap Membantu Produk Indonesia Menembus Pasar Bulgaria, Albania dan Makedonia - JPNN.COM
Bendera Bulgaria. Foto: Reuters

jpnn.com, JAKARTA - Iwan Bogananta bertekad menjadikan Bulgaria, Albania dan Makedonia sebagai pintu masuk produk Indonesia ke kawasan Eropa Timur.

Hal itu disampaikannya saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi I DPR, Selasa (16/6). Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah memilih Iwan jadi duta besar RI untuk Republik Bulgaria merangkap Republik Albania dan Republik Makedonia.

"Dalam program kerja di bidang perdagangan, ada beberapa catatan penting dan harus segera direalisasikan beberapa waktu ke depan," ujar Iwan kepada para anggota Komisi I.

Pertama, dia mengatakan, melanjutkan dan meningkatkan aktivitas kerja sama perdangan dengan serta menyelenggarakan forum bilateral, antara Indonesia dan ketiga negara.

Selanjutnya, melibatkan kelompok pengusaha lebih luas, melalui asosiasi dan jejaring usaha, serta penyedia dukungan ekspor utama.

"Jadi kita akan memfasilitasi terbentuknya forum dengan seluruh pelaku ekonomi, mulai dari eksportir terkemuka hingga pelaku UMKM yang tepat. Jadi nantinya akan ada wadah pertemuan antara pelaku bisnis dari Indonesia dengan para calon buyer dan market entry di Bulgaria, Albania dan Makedonia," jelas Iwan.

Ketiga, Bendahara Umum PKPI ini menerangkan, akan memfasilitasi perluasan kerja sama ekonomi antar negara. Tentunya langkah ini akan sesuai dengan pengembangan roadmap investasi dan perdagangan.

"Memaksimalkan upaya lobi dan advokasi untuk menciptakan kebijakan di masing masing negara. Sehingga mempermudah aktivitas perdagangan antar negara," ujarnya.

Iwan Bogananta bertekad menjadikan Bulgaria, Albania dan Makedonia sebagai pintu masuk produk Indonesia ke kawasan Eropa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close