Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jadi Korban Penipuan yang Mengatasnamakan Bea Cukai, Ini Langkah yang Harus Dilakukan

Kamis, 22 Desember 2022 – 22:17 WIB
Jadi Korban Penipuan yang Mengatasnamakan Bea Cukai, Ini Langkah yang Harus Dilakukan - JPNN.COM
Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto di acara media briefing yang digelar di Kantor Pusat Bea Cukai, Kamis (22/12). Foto: Dokumentasi Humas Bea Cukai

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Jabar Bea Cukai Nirwala Dwi Heryanto memaparkan tiga langkah yang harus dilakukan masyarakat jika menjadi korban penipuan mengatasnamakan instansi tesebut.

Nirwala mengungkapkan penipuan mengatasnamakan Bea Cukai dengan maksud agar korban lebih percaya dan memudahkan pelaku mengintimidasi, memeras, dan memaksa korban, karena penggunaan nama instansi penegak hukum diyakini dapat memengaruhi psikologi korban.

"Atas maraknya penipuan jenis ini, tak henti kami mengimbau kepada masyarakat untuk waspada dan paham bagaimana harus bertindak jika menjadi korban penipuan," pesan Nirwala kepada awak media dalam media briefing yang digelar di Kantor Pusat Bea Cukai, Kamis (22/12).

Dia membeberkan tiga langkah yang harus diambil masyarakat jika terindikasi menjadi korban penipuan mengatasnamakan Bea Cukai.

"Langkah pertama adalah jangan panik," tegas Nirwala.

Kepanikan tak urung tidak dapat dihindari ketika penipu mengintimidasi dan mengeluarkan ancaman, seperti denda puluhan juta, penjemputan oleh petugas, pidana penjara, dan lainnya.

Kedua, jangan langsung transfer ke rekening yang diinfokan oknum penipu.

"Semua pungutan Bea dan Cukai pasti mempunyai jangka waktu sebelum jatuh tempo," tegasnya.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan jika menjadi korban penipuan, simak pemaparan Nirwala Dwi Heryanto

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close