Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jadi Partai Terbuka, PAN Lekat dengan Pemilih Anak Muda

Rabu, 30 Agustus 2023 – 13:50 WIB
Jadi Partai Terbuka, PAN Lekat dengan Pemilih Anak Muda - JPNN.COM
Partai Amanat Nasional (PAN). Foto: Source for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Indonesia (UI), Ade Reza Hariyadi mengatakan Partai Amanat Nasional (PAN) mengalami perubahan pemilih dari kalangan anak muda.

Hal tersebut lantaran PAN menjadi partai terbuka (inklusif) yang menerima semua golongan masyarakat, termasuk generasi muda.

"PAN telah beradaptasi dengan perubahaan menjadi partai terbuka. Tentu ini mengalami perubahan pemilih yang menjadi tren dari milenials atau anak muda," ujar Ade.

Perubahan tersebut merupakan upaya keras dari Zulkifli Hasan sebagai Ketum PAN yang mengarahkan partai untuk menerima semua kader tanpa membedakan latar belakang.

Terbukti, PAN mampu menempatkan anggota legislatif di bawah usia 30 tahun terbanyak enam orang.

Menurut Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pada Pemilu 2024 terdapat 204.807.222 pemilih termasuk warga negara Indonesia (WNI) yang ada di luar negeri. Dari jumlah itu, generasi milenial menjadi pemilih terbanyak di Pemilu 2024 dengan persentase 33,6 persen atau 68.822.369 orang.

Dalam kesempatan berbeda, Ketum PAN Zulkifli hasan mengatakan generasi muda menjadi segmentasi pemilih PAN dan akan diberikan perhatian lebih pada Pemilu 2024.

Upaya tersebut terus dilakukan dengan memberdayakan generasi muda untuk berkarya bagi bangsa dan negara.

Perubahan tersebut merupakan upaya keras dari Zulkifli Hasan sebagai Ketum PAN yang mengarahkan partai menerima semua kader tanpa membedakan latar belakang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close