Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jadi Sasaran Sihir Atau Santet? Baca Surat ini 11 Kali

Rabu, 31 Agustus 2022 – 15:42 WIB
Jadi Sasaran Sihir Atau Santet? Baca Surat ini 11 Kali - JPNN.COM
Seorang jemaah sedang berdoa usai salat (Ilustrasi). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com - Sihir merupakan ilmu hitam yang digunakan untuk mencelakai orang lain dengan bantuan setan. Biasanya identik dengan dukun, paranormal, cenayang.

Motifnya bermacam-macam; balas dendam karena sakit hati, iri hati, merusak hubungan, adu kesaktian, bahkan menyakiti orang sebab adanya persaingan.

Perlu diketahui sejarah sihir, santet sudah dikenal sejak lama. Bahkan, Nabi Muhammad pernah menjadi sasaran sihir dari orang Yahudi Bernama Labid bin A’sam. Motifnya hasud kepada Nabi.

Qadi Iyad berkata, hadis ini menjelaskan bahwa yang disihir adalah fisik dan anggota tubuhnya, bukan akal dan keyakinannya. (Fathul Bari)

Dalam kitab Tafsir Munir karya Syekh Wahbah Az-Zuhaili menyatakan kisah di atas berkaitan erat dengan sebab turunnya surah muawwidzatain; surah An-Nas dan A-Falaq.

Begitu pula Imam Suyuti dalam kitab Lubabun Nuqul Fi Asbabin Nuzul menuturkan peristiwa tersebut merupakan asbabun nuzul surah an-Nas dan al-Falaq.

Selain itu, Aisyah dalam hadis riwayat Tirmidzi juga menyebut keduanya sebagai muawwidzatain.

Selanjutnya setiap kali Nabi membaca satu ayat, lepaslah ikatan satu-persatu dan begitu seterusnya sesuai jumlah total surat surah Al-Falaq 5 ditambah surah An-Nas 6 (total 11 ayat), sama persis dengan 11 ikatan yang dibuat oleh Labid agar Nabi sesak. Akhirnya Nabi sembuh kembali.

Santet sudah dikenal sejak lama. Bahkan, Nabi Muhammad pernah menjadi sasaran sihir. Simak selengkapnya.

Sumber NuOnline

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close