Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jakarta Butuh Penataan, Bukan Pemindahan Ibukota Negara

Sabtu, 19 Januari 2013 – 06:05 WIB
Jakarta Butuh Penataan, Bukan Pemindahan Ibukota Negara - JPNN.COM
Jakarta lumpuh karena banjir. Diwacanakan pemindahan Ibukota Negara oleh beberapa kalangan. Foto: M Fathra Nazrul Islam/JPNN
JAKARTA- Wacana pemindahan ibu kota negara di luar pulau Jawa, mulai marak, sejak terjadi bencana banjir yang melumpuhkan Jakarta. Wacana tersebut menjadi pro kontra. Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla memilih menjadi pihak yang kontra. Dia menilai, pemindahan ibukota tidak menyelesaikan persoalan banjir di Jakarta.

"Pendapat saya pribadi, solusinya bukan pindah. Tapi memperbaiki infrastruktur di Jakarta,"jelas Jusuf Kalla yang akrab disapa JK di Kantor Presiden, Jumat (18/1).

Menurut Wakil Presiden periode 2004-2009 itu, ada banyak hal yang harus dipikirkan, sebelum memutuskan memindahkan ibukota negara. Salah satunya, lokasi pemindahan, kemudian personil-personil pemerintah pusat yang harus ikut dipindahkan. "Kalau pindah pertama, kedua pindah kantor gampang, pindah orangnya gimana. Itu kan harus dipikirkan,"jelas JK.

Menurut JK, dari keduanya, yang cukup sulit adalah persoalan pemindahan personil. Sebab jumlah personil pemerintahan pusat tidak sedikit. Di sisi lain, harus dipikirkan juga segala fasilitas yang diperlukan para pegawai pemerintahan tersebut. "Katakanlah orang di pusat 200 ribu orang atau berapalah. Itu bagaimana caranya pindah orang, tidak semudah itu. Belum lagi bagaimana nanti fasilitas perumahannya dan lain-lain,"tegas dia.

JAKARTA- Wacana pemindahan ibu kota negara di luar pulau Jawa, mulai marak, sejak terjadi bencana banjir yang melumpuhkan Jakarta. Wacana tersebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA