Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jakarta E-Prix, Adu Cepat untuk Ikhtiar Mengampanyekan Udara Sehat

Jumat, 20 Mei 2022 – 18:18 WIB
Jakarta E-Prix, Adu Cepat untuk Ikhtiar Mengampanyekan Udara Sehat - JPNN.COM
Aspal akarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, sudah mulus. Panitia bekerja keras merampungkan sirkuit yang kini telah siap digunakan untuk ajang balap mobil listrik bergengsi di dunia itu. Foto: Ryana Aryadita Umasugi/JPNN.com.

jpnn.com - Taman Impian Jaya Ancol akan menjadi lokasi Formula E atau Jakarta E-Prix 2022 pada 4 Juni mendatang. Balapan mobil listrik itu bukan hanya bukti bahwa Jakarta mampu menjadi host event bergengsi, melainkan juga sebagai salah satu upaya mengampanyekan udara bersih untuk keberlanjutan lingkungan.

Laporan Ryana Aryadita Umasugi, Jakarta

SOFIYAN sedang mencermati data tentang kualitas udara DKI Jakarta saat dihubungi JPNN.com belum lama ini.  Dia merupakan kepala Satuan Pelaksana Teknis Laboratorium Pengujian Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta.

Sejak 2010, Sofiyan berkutat dengan berbagai alat pemantau kualitas udara ibu kota.  Amtenar itu mesti memastikan peralatan untuk memantau kualitas udara di Jakarta berfungsi dengan baik.

Sofiyan bisa dibilang saksi yang melihat naik dan turunnya kualitas udara di Jakarta selama beberapa tahun belakangan ini.  Dia memelototi setiap data yang masuk dari lima Stasiun Pemantau Kualitas Udara (SPKU) yang ada di DKI Jakarta. 

Lima SPKU itu terpasang di Bundaran HI (Jakarta Pusat), RPTRA Kelapa Nias III, Kelapa Gading (Jakarta Utara), areal kebon bibit Dinas Pertamanan DKI di Jagakarsa (Jakarta Selatan), area parkir Monumen Lubang Buaya (Jakarta Timur), dan di Jalan Jeruk Kuning BI Srengseng, Kembangan (Jakarta Barat).

Semua SPKU itu terhubung dengan Laboratorium Lingkungan Hidup Daerah (LLHD) Provinsi DKI Jakarta di Jalan Raya Casablanca, Kuningan, Jakarta Selatan. “Stasiun itu, kan, bekerja secara otomatis. Jadi, semua bisa dipantau lewat data center," ujarnya.

Menurut Sofiyan, SPKU mengukur kualitas udara selama 24 jam.  "Datanya dikumpulkan setiap setengah jam,” tuturnya.

Formula E atau Jakarta E-Prix 2022 bukan hanya bukti Jakarta mampu menjadi host event bergengsi, melainkan juga menjadi upaya mengampanyekan udara bersih.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close