Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jalan Negara Sumbar-Riau Longsor

Minggu, 13 Desember 2009 – 09:11 WIB
Jalan Negara Sumbar-Riau Longsor - JPNN.COM
LIMAPULUH KOTA- Longsor kembali terjadi di Kilometer 25 Jalan Negara Sumbar-Riau, tepatnya di Jorong Hulu Aia, Kelok Sembilan, Kecamatan Harau, sekitar pukul enam pagi, kemarin (12/12). Longsor tersebut membuat badan Jalan Sumbar tertimbun tanah sepanjang 25 meter dengan tinggi 3 meter. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Namun ratusan kendaraan baik yang datang ataupun menuju Riau, terjebak dalam antrian. Panjang antrian, mencapai sekitar 1 kilometer kiri-kanan jalan. "Aduh, capek kita. Baru dua hari lalu, Jalan Sumbar-Riau longsor. Sekarang sudah longsor lagi. Terpaksalah, kita bersabar saja,"kata Man, 47, seorang supir bus jurusan Payakumbuh-Pekanbaru kepada wartawan di lokasi kejadian.

Seperti dikatakan Man, tiga hari lampau, tepatnya Kamis (10/12) dini hari, Jalan Sumbar-Riau memang juga sudah dilanda longsor. Waktu itu, longsor terjadi di Kilometer 16 dari Payakumbuh, tepatnya di kawasan Aia Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau. Akibat longsor tersebut, badan jalan tertimbun tanah sepanjang 30 meter (bukan 100 meter seperti tertulis sebelumnya-red) dengan tinggi mencapai 1 meter. Kemudian, 5 unit rumah penduduk juga ikut tertimbuh, tiga diantaranya tak bisa ditempati lagi.

Dengan dua kejadian berturut-turut ini, berarti sepanjang tahun 2009, sudah lima kali longsor melanda Jalan Sumbar-Riau. Tiga longsor sebelumnya, terjadi di KM 21 atau sebelum memasuki Kelok Sembilan dari arah Payakumbuh, kemudian  di KM 69 Tanjuangbalik, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, dan di KM 80 Jalur Lintas Sumatera Pekanbaru-Bukittingi, tepatnya di Desa Rantauberangin, Kabupaten Kampar, Propinsi Riau.

LIMAPULUH KOTA- Longsor kembali terjadi di Kilometer 25 Jalan Negara Sumbar-Riau, tepatnya di Jorong Hulu Aia, Kelok Sembilan, Kecamatan Harau, sekitar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close