Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jamin SBY Tak Bakal Bikin Rakyat Melarat

Rabu, 28 Maret 2012 – 20:40 WIB
Jamin SBY Tak Bakal Bikin Rakyat Melarat - JPNN.COM
Menteri ESDM Jero Wacik dalam jumpa pers di kantor Kementrian ESDM, Rabu (28/3). Foto : Arundono W/JPNN
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, menepis tudingan bahwa rencana pemerintah menaikkan harga BBM pada 1 April mendatang karena demi mencari dana Bantuan langsung Tunai (BLT) demi kepentingan parati politik. Menteri yang juga politisi Partai Demokrat iru menegaskan, BBM dinaikkan semata-mata karena alasan ekonomi.

"Saya bantah anggapan itu. Sering saya katakan tidak ada presiden yang mau membuat rakyatnya melarat, termasuk para mantan presiden yang pernah menaikkan BBM," kata Jero Wacik dalam konferensi pers di kantor ESDM, Rabu (28/3).

Menurutnya, langkah pemerintah menaikkan harga BBM itu juga demi rakyat. Yakni agar perekonomian nasional tidak semakin terpuruk karena APBN jebol akibat beban subsidi.

Kenaikan BBM ini awalnya sudah coba disiasati oleh pemerintah sampai akhir tahun 2011. Namun ternyata hingga Januari 2012 lalu harga minyak internasional (ICP) terus menanjak hingga USD 119. Harga itu naik lagi menjadi USD 122 pada Bulan Februari dan menjadi USD 128 pada Maret ini.  "Dengan ICP seperti itu, tidak ada cara cepat menanggulanginya selain menaikan harga BBM," tegas Jero Wacik.

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik, menepis tudingan bahwa rencana pemerintah menaikkan harga BBM pada 1 April mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA