Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jangan Gunakan Simbol Muhammadiyah untuk Mendukung Capres Tertentu

Minggu, 30 April 2023 – 07:03 WIB
Jangan Gunakan Simbol Muhammadiyah untuk Mendukung Capres Tertentu - JPNN.COM
Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas. ANTARA/HO-Muhammadiyah.

jpnn.com, JAKARTA - Warga Muhammadiyah diingatkan jangan mengatasnamakan dan menggunakan simbol organisasi keagamaan itu dalam mendukung calon presiden tertentu d Pilpres 2024.

Imbauan itu disampaikan Ketua Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Anwar Abbas melalui keterangan tertulis pada Sabtu (29/4).

Dia mempersilakan saja bila ada di antara warga Muhammadiyah yang mau mendukung salah satu capres dan/atau melakukan penggalangan kekuatan pemilih di tengah-tengah masyarakat.

"Namun, jangan membawa-bawa nama dan simbol-simbol Muhammadiyah," kata Anwar Abbas.

Hal itu menurut dia dapat membuat Muhammadiyah sebagai organisasi tampak berpihak kepada salah satu pihak, bahkan membuat organisasi itu terlihat terlibat dalam politik praktis.

Menurut Anwar, sebagai sebuah organisasi Islam dan organisasi dakwah amar makruf nahi munkar, politik bagi Muhammadiyah bukan politik kekuasaan, melainkan politik nilai.

"Artinya, politik bagaimana caranya supaya pihak-pihak yang bersaing dalam pilpres menjunjung tinggi dan berusaha untuk menerapkan nilai luhur Pancasila dan dalam hukum dasar negara, yaitu UUD NRI 1945," tuturnya.

Dia juga menegaskan bahwa Muhammadiyah menyambut gembira kemunculan nama-nama capres untuk Pilpres 2024.

Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas mengingatkan warga Muhammadiyah jangan ada yang menggunakan simbol organisasi itu dalam mendukung Capres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close