Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jangan Lembagakan Valentine's Day di Indonesia

Jumat, 14 Februari 2014 – 01:01 WIB
Jangan Lembagakan Valentine's Day di Indonesia - JPNN.COM

jpnn.com - DI negara-negara barat, tanggal 14 Februari secara tradisional diperingati sebagai Hari Valentine (Valentine's Day). Di hari yang disebut sebagai perayaan kasih sayang itu, berbagai macam cara digunakan untuk mengungkapkan kasih sayang kepada pasangan. Mulai dari sekedar kata-kata romantis, hadiah barang mahal, sampai perbuatan yang sifatnya lebih intim dilakukan pada hari yang identik dengan warna pink ini.

Seiring dengan arus globalisasi yang semakin deras, bukan cuma negara-negara di benua Amerika dan Eropa saja yang merayakan Valentine. Kini, hampir di seluruh penjuru dunia ada perayaan Valentine. Di Indonesia, momen Valentine dirayakan oleh banyak kaum remaja terutama di kota-kota besar.

Hanya saja, peringatan Hari Valentine di tanah air masih menjadi kontroversi. Penolakan muncul karena peringatan hari kasih sayang ini tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya ketimuran.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) termasuk yang menentang perayaan Hari Valentine. Di mata kaum ulama, hari peringatan tersebut tidak islami dan cenderung mendekati kemaksiatan.

Ketua MUI KH Amidhan pun mendorong para orang tua untuk melarang putra-putrinya merayakan Hari Valentine. Berikut wawancara singkat Amidhan dengan Mohamad Adil dari JPNN di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Kamis (13/2).

Bagaimana perayaan Valentine dipandang dari perspektif Islam?

Dari perspektif agama, perayaan Valentine's Day itu di luar ajaran Islam dan tak ada waktu kasih sayang secara khusus di dalam ajaran Islam. Di dalam ajaran Islam itu kasih sayang sepanjang masa karena Nabi (Muhammad SAW, red) bersabda, 'Tidak beriman seseorang kecuali dia kasih sayang kepada saudaranya dan seperti dia kasih sayang kepada dirinya sendiri,'. Jadi sepanjang masa tidak pada perayaan tertentu.

Apa dampak negatif dari perayaan Valentine?

DI negara-negara barat, tanggal 14 Februari secara tradisional diperingati sebagai Hari Valentine (Valentine's Day). Di hari yang disebut sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Top Story

    Reformasi PSSI Belum Selesai

    Minggu, 15 Mei 2016 – 22:09 WIB
    Reformasi PSSI Belum Selesai - JPNN.com
  • Top Story

    Solusinya, Geser Pusat Pemerintahan

    Sabtu, 14 Mei 2016 – 19:34 WIB
    Solusinya, Geser Pusat Pemerintahan - JPNN.com
  • Top Story

    Setoran Rp 1 M Tetap Lanjut

    Kamis, 05 Mei 2016 – 18:05 WIB
    Setoran Rp 1 M Tetap Lanjut - JPNN.com
  • Top Story

    Reformasi Tata Kelola Kompetisi

    Kamis, 05 Mei 2016 – 02:25 WIB
    Reformasi Tata Kelola Kompetisi - JPNN.com