Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jangan Takut, Hidung Tersumbat dan Pilek Bukan Berarti Anda Terkena COVID-19

Jumat, 16 Oktober 2020 – 11:29 WIB
Jangan Takut, Hidung Tersumbat dan Pilek Bukan Berarti Anda Terkena COVID-19 - JPNN.COM
Ilustrasi logo wanita pilek. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - BANYAK gejala yang bisa diamati dari penderita COVID-19. Misalnya demam tinggi, batuk, kelelahan, nyeri pada tubuh, pilek dan hidung tersumbat.

Namun, jangan salah, hidung tersumbat dan pilek bukan tanda utama dari serangan virus corona.

" Hidung tersumbat dan pilek memang menjadi gejala yang dialami pasien COVID-19, tetapi ini bukan tanda klasik penyakit yang kini menjadi pandemi itu," kata dokter Neha Vyas dari Cleveland Clinic seperti dilansir Health pada Jumat.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merujuk pada laporan kasus di Tiongkok pada Februari lalu dan menemukan hanya 4,8 persen pasien (dari 55.924 kasus) yang menunjukkan hidung tersumbat sebagai tanda atau gejala infeksi COVID-19.

Angka tersebut jauh lebih rendah dibandingkan persentase pasien yang melaporkan gejala yang lebih umum, seperti demam (87,9 persen), batuk kering (67,7 persen), dan kelelahan (38,1 persen).

Tetapi di sisi lain, menurut Vyas, hidung tersumbat dan pilek juga bisa berhubungan dengan sejumlah penyakit seperti influenza, alergi, dan flu.

Untuk memastikannya, Anda perlu menjalani pemeriksaan. Jika Anda menderita hidung tersumbat selama beberapa hari terakhir, cobalah berkonsultasi dengan dokter melalui layanan telemedis.

Namun, jika Anda mengalami gejala yang lebih parah seperti kesulitan bernapas, sebaiknya segera berobat ke klinik perawatan darurat.

Pilek dan hidung tersumbat tidak selalu berkaitan dengan COVID-19 karena bisa saja Anda mengalami influenza atau alergi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close