Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Janji Manis Tiongkok soal Pelestarian Lingkungan, Perlukah Dipercaya?

Kamis, 23 September 2021 – 14:32 WIB
Janji Manis Tiongkok soal Pelestarian Lingkungan, Perlukah Dipercaya? - JPNN.COM
Presiden China berpidato di sesi ke-76 UNGA di markas besar PBB dalam pesan yang direkam sebelumnya, 21 September 2021. (AP: UN Web TV)

Presiden Tiongkok Xi Jinping telah mengumumkan bahwa Tiongkok akan menghentikan pendanaan proyek batu bara di luar negeri, yang pada dasarnya akan mengakhiri aliran bantuan untuk energi kotor yang berkontribusi terhadap krisis iklim.

Xi menyampaikan pernyataannya di sidang Majelis Umum PBB di mana Presiden AS Joe Biden, yang berusaha menunjukkan kepemimpinan dalam persaingan yang berkembang dengan Tiongkok, berjanji untuk menggandakan kontribusi Washington kepada negara-negara yang paling terpukul oleh perubahan iklim.

Sejauh ini Tiongkok merupakan penyumbang dana terbesar untuk proyek batu bara di negara-negara berkembang seperti Indonesia, Vietnam dan Bangladesh saat melakukan pembangunan infrastruktur global di bawah skema Belt and Road Initiative.

Xi telah berjanji untuk mempercepat upaya Tiongkok, penghasil emisi terbesar di dunia, untuk menjadi netral karbon pada tahun 2060.

"Ini membutuhkan kerja keras yang luar biasa dan kami akan melakukan segala upaya untuk memenuhi tujuan ini," katanya dalam pidato yang direkam.

"Tiongkok akan meningkatkan dukungan untuk negara berkembang lainnya dalam mengembangkan energi hijau dan rendah karbon, dan tidak akan membangun proyek pembangkit listrik tenaga batu bara baru di luar negeri," kata Xi.

Utusan iklim AS John Kerry menanggapi janji Tiongkok untuk tidak membangun pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri, dengan mengatakan dia "sangat senang" dengan langkah tersebut.

Pengumuman Tiongkok mengikuti langkah serupa yang lebih dulu diambil oleh Korea Selatan dan Jepang, dua negara lain yang menawarkan dana signifikan untuk proyek batu bara.

Presiden Tiongkok Xi Jinping telah mengumumkan bahwa Tiongkok akan menghentikan pendanaan proyek batu bara di luar negeri, yang pada dasarnya akan mengakhiri aliran bantuan untuk energi kotor yang berkontribusi terhadap krisis iklim

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close