Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jawa Bakal Makin Sering Kena Bencana

Dipicu Kepadatan Penduduk dan Disparitas Pembangunan

Senin, 05 Maret 2012 – 07:46 WIB
Jawa Bakal Makin Sering Kena Bencana - JPNN.COM
JAKARTA - Ini peringatan bagi warga yang tinggal di Pulau Jawa. Mereka mesti lebih siap menghadapi bencana. Sebab, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan kalau pulau yang ditinggali 59 persen penduduk negeri ini tersebut bakal kerap mengalami bencana.

Alasannya sederhana, pulau Jawa makin padat. Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada Jawa Pos mengatakan kalau kepadatan penduduk berbanding lurus dengan meningkatnya bencana. Fakta menunjukkan, sejak 2002 hingga sekarang, lebih dari 50 persen bencana ada di Jawa. "Di masa mendatang bisa tambah besar," ujarnya.

Di tahun ini saja, jelas Sutopo, hingga Maret, sudah ada 2.066 bencana yang menyambangi Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 40 persen atau 827 bencana terjadi di Jawa. Beberapa bencana yang sering terjadi adalah banjir, longsor, kekeringan hingga putting beliung.

Bagaimana dengan bencana yang terjadi karena faktor alam seperti gempa bumi, gunung meletus, atau tsunami" Sutopo memang mengatakan kalau faktor manusia tidak sebagai pemicu utama. "Tren bencana itu memang stabil. Tapi, padatnya penduduk bisa memicu korban dan kerugian yang sangat besar," imbuhnya.

JAKARTA - Ini peringatan bagi warga yang tinggal di Pulau Jawa. Mereka mesti lebih siap menghadapi bencana. Sebab, Badan Nasional Penanggulangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA