Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jawa Barat Ekspor 20 Ton Kelapa Parut Kering ke Arab Saudi, Nilainya Mencapai Rp 424 Juta

Rabu, 09 Desember 2020 – 13:41 WIB
Jawa Barat Ekspor 20 Ton Kelapa Parut Kering ke Arab Saudi, Nilainya Mencapai Rp 424 Juta - JPNN.COM
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melakukan pelepasan secara simbolis kegiatan ekspor kepala di halaman Gedung Sate, Selasa (8/12). Foto: Jabar Ekspres

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melepas 20 ton kelapa parut kering (desiccated coconut) untuk diekspor ke Arab Saudi dalam acara pelepasan di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (8/12).

Kelapa parut kering alias serundeng dengan eksportir CV Una Surya Putra Mandiri ini memiliki nilai total 30 ribu dolar Amerika Serikat atau sekitar Rp 424 juta.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil—mengaku bangga karena olahan kelapa yang diekspor tersebut berasal dari kebun rakyat pribadi yang dikumpulkan dan dibeli oleh koperasi sehingga ikut mendorong pemerataan kesejahteraan rakyat.

Ekspor pun, lanjut Emil, memberikan optimistis bahwa salah satu kekuatan Jabar yaitu ekonomi berbasis agraria atau perkebunan.

”Semoga Jabar menjadi terdepan dalam industri perkebunan,” harapnya.

Emil menambahkan, olahan dari kelapa kini banyak dibutuhkan berbagai negara, khususnya Timur Tengah, untuk dijadikan kue.

Ia juga mendorong berbagai pihak untuk menangkap peluang ekspor tidak hanya olahan kelapa, tetapi juga pohon kelapa.

”Saya pernah didatangi perusahaan dari luar negeri, mereka membutuhkan suplai pohon kelapa, (permintaan) ini harus direspons, artinya ada peluang juga (untuk ekspor),” tutur Emil.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pengin Jabar menjadi yang terdepan dalam industri perkebunan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close