Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Lebaran, Mamin Impor Naik

Rabu, 13 Juli 2011 – 04:24 WIB
Jelang Lebaran, Mamin Impor Naik - JPNN.COM
JAKARTA - kenaikan impor makanan minuman untuk lebaran diperkirakan terjadi sejak Mei lalu. Pasalnya, tercatat ada kenaikan signifikan pada bulan Mei kalau dibandingkan April yang mencapai 16,3 persen. Kemudian, pada bulan Juni tetap ada kenaikan meski tidak terlalu tinggi atau hanya 4,5 persen.

Data gabungan pengusaha makanan dan minuman (Gapmmi) menunjukan jumlah impor mamin pada April senilai USD 18,99 juta, Mei sebesar USD 22,08 juta dan Juni menembus USD 23,07 juta. Sedangkan Januari dan Februari lalu secara berturut-turut hanya USD 15,47 juta dan USD 12,43 juta. Dan, total Januari-Juni tercatat USD 112,63 juta.

"Dilihat dari perdagangan bulanan, tahun ini agak berbeda dengan tahun lalu. Karena pada 2010 lalu, kenaikan angka impor mamin persiapan lebaran terjadi sejak tiga bulan sebelumnya. Sedangkan tahun ini sejak Mei lalu. Diduga, peningkatan pemenuhan lebaran diduga pada Mei 2011," kata sekjen Gapmmi Franky Sibarani Selasa  (12/7).

Selain masuknya mamin impor menjelang lebaran, lanjut Franky, konsumen harus mewaspadai peredaran produk mamin yang bermasalah. Dijelaskan, peredaran mamin yang diwaspadai seperti di dalam parsel lebaran, terutama mamin yang sudah kadaluarsa.

JAKARTA - kenaikan impor makanan minuman untuk lebaran diperkirakan terjadi sejak Mei lalu. Pasalnya, tercatat ada kenaikan signifikan pada bulan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close