Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jelang Reli Dakar, Mobil Listrik Anak Bangsa Tempuh 1600 Km

Minggu, 25 November 2018 – 11:26 WIB
Jelang Reli Dakar, Mobil Listrik Anak Bangsa Tempuh 1600 Km - JPNN.COM
Blits - Mobil listrik karya mahasiswa Indonesia telah jelajahi 1.600 km (Surabaya-Bengkulu) lebih sebelum terjun di reli dakar. Foto: Ist

jpnn.com, BENGKULU - Bengkulu jadi kota keempat yang disinggahi mobil listrik Blits karya mahasiswa Universitas Budi Luhur dan ITS. Mobil listrik bergaya offroad - tubular itu telah menempuh jarak sekitar 1.605 km dengan rute Surabaya-Jakarta-Bengkulu.

Perjalanan dari Pulau Jawa menuju Sumatera dengan baik ditempuh Blits, termasuk memberikan masukan berarti bagi tim dalam hal daya tahan melalui berbagai kontur jalan.

“Jalur Sumatera didominasi tanjakan dan turunan yang menjadi tantangan mobil listrik Blits (Budi Luhur-ITS), khususnya di daya tahan baterai dan tenaga mobil saat menghadapi tanjakan terjal. Termasuk sistem pengereman. Blits tidak mengalami masalah berarti baik dari baterai ataupun perangkat mobil listrik lainnya. Dengan ini, kami lebih mengerti karakter Blits dan banyak mendapat data untuk peningkatan kemampuannya,” ungkap Projek Leader Blits Yoga Uta Nugraha.

Jelang Reli Dakar, Mobil Listrik Anak Bangsa Tempuh 1600 Km Jelang Reli Dakar, Mobil Listrik Anak Bangsa Tempuh 1600 Km
Blits - mobil listrik karya mahasiswa Indonesia jelajah 1600 km (Surabaya-Bengkulu).

Soal pengisian baterainya sendiri, Blits melakukannya di Rayon PLN yang berada di setiap kabupaten atau kota.

“Kami telah bekerja sama dengan PLN untuk pengisian baterai, dan kami sangat terbantu karena PLN telah siapkan alat pengisian baterai di setiap rayon Kabupaten atau kota yang kami datangi. Kami melakukan pengisian baterai Blits setelah menempuh perjalanan 150-200 km, dengan lama pengisian sekitar 4-6 jam,” tambah Uta.

Selama perjalanan "Jelajah Sumatera Blits" mendapatkan antusias dan sambutan baik dari berbagai kalangan.

Dalam kesempatan sama, Ketua BPH Yayasan Budi Luhur Cakti Kasih Hanggoro berharap, jelajah Blits ini menginspirasi banyak kalangan termasuk kampus-kampu yang kami kunjungi.

Bengkulu jadi kota keempat disinggahi mobil listrik Blits karya mahasiswa Universitas Budi Luhur dan ITS. Ini jadi pemanasan Blits sebelum terjun di reli dakar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close