Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jemaah Diusir dari Masjid karena Pakai Masker, Jubir Wapres Bereaksi Begini

Selasa, 04 Mei 2021 – 12:45 WIB
Jemaah Diusir dari Masjid karena Pakai Masker, Jubir Wapres Bereaksi Begini - JPNN.COM
Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi, di Kantor Wapres Jakarta. ANTARA/HO-Asdep KIP Setwapres.

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Masduki Baidlowi perbuatan pengurus Masjid Al Amanah Kota Bekasi, Jawa Barat, mengusir jemaah yang mengenakan masker termasuk fenomena umat Islam yang semangat beragamanya tidak diimbangi dengan pemahaman agama secara baik.

Hal ini diungkap Masduki menanggapi insiden pengusiran seorang warga dari Masjid Al Amanah Kota Bekasi, karena memakai masker di dalam rumah ibadah tersebut.

"Ini gejala umum di masyarakat kita. Jadi, ada semangat beragama yang kuat tetapi tidak diimbangi dengan pemahaman agama yang baik. Dia merasa benar dengan pemahamannya, ini berbahaya," kata Masduki di Jakarta, Selasa (4/5).

Dia menjelaskan bahwa ayat Al-Qur;an yang digunakan sebagai dalil larangan menggunakan masker di lingkungan masjid adalah tidak tepat untuk diterapkan dalam kondisi bencana pandemi Covid-19.

"Dia (pengurus Masjid Al Amanah) bilang kalau sudah masuk ke masjid itu aman. Di (Surah) Al Imran menjelaskan bahwa masjid itu adalah Masjidil Haram. Jadi ini konteksnya beda. Kalau konteksnya pandemi, kan di Masjidil Haram juga masuk pakai masker," tutur Masduki.

Menurut dia, pemahaman seseorang, terlebih lagi yang mengaku sebagai ulama, terhadap ayat Al-Qur’an tidak boleh dilakukan secara tekstual tanpa melihat perkembangan kondisi dan situasi di masyarakat.

"Yang di Bekasi itu dia mengaitkan ayat bahwa masuk masjid itu sudah otomatis aman. Itu kan pemahaman yang tidak tepat. Jadi, dia memahami ayat itu nggak paham betul, tekstual banget, berusaha memahami tekstual dan salah. Itu berbahaya sekali," ujarnya.

Sebelumnya, beredar video yang menunjukkan sejumlah pengurus masjid melarang dan mengusir seorang warga dari sebuah masjid karena menggunakan masker saat beribadah salat.

Juru Bicara Wapres Ma’ruf Amin Masduki Baidlowi bereaksi begini atas insiden pengusiran jemaah yang mengenakan masker oleh pengurus Masjid Al Amanah Kota Bekasi, Jawa Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close