Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jemaah Haji Dapat Layanan Kesehatan Gratis

Sabtu, 18 Juli 2009 – 20:54 WIB
Jemaah Haji Dapat Layanan Kesehatan Gratis - JPNN.COM

JAKARTA--Pemerintah menyiapkan layanan kesehatan gratis untuk jamaah saat menunaikan ibadah haji. Layanan ini diharapkan bisa menekan angka kematian jemaah di tanah suci. "Angka kematian yang sudah terus turun tiap tahunnya kita harapkan semakin turun. Ini juga bentuk tanggung jawab pemerintah terhadap kesehatan masyarakat di Tanah Suci," kata Dirjen Pelayanan Medik Departemen Kesehatan, Farid Husein, di Rumah Makan Pelangi, Jakarta, Sabtu (18/7).

Layanan kesehatan gratis itu dipusatkan di Balai Pengobatan Haji Indonesia, Jalan Halidijah I. Letak gedung sembilan tingkat itu hanya 2,5 KM dari Masjidil Haram. Layanan yang disiapkan setara dengan fasilitas rumah sakit type C di Indonesia. Sarana pelayanan sangat memadai. Memiliki 180 tempat tidur untuk pasien dan 80 untuk petugas kesehatan. Dilengkapi kamar operasi dan bedah. Di lantai 2, tersedia layanan komplit Intensive  Care Unit (ICU) dan Intensive Coroner Care Unit (ICCU) . Di lantai 1, tersedia layanan Unit Gawat Darurat (UGD).

"Divisi Jantung dan Trauma memang sengaja diperkuat, mengingat history kematian jemaah banyak karena sakit jantung," tambah Farid yang juga bertindak selaku penanggung jawab operasional pelayanan kesehatan di Arab Saudi.

Farid menjelaskan, layanan gratis tidak hanya diberikan kepada jemaah asal Indonesia saja. Tapi juga untuk jemaah negara lain dan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang ada di Makkah. "Siapapun yang berobat, pasti digratiskan. Kalkulasi tenaga medis disiapkan seimbang dengan angka jemaah. Jadi, semuanya siap," tegas salah satu tokoh di balik perdamaian Aceh ini.

JAKARTA--Pemerintah menyiapkan layanan kesehatan gratis untuk jamaah saat menunaikan ibadah haji. Layanan ini diharapkan bisa menekan angka kematian

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA