Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jembatan EIGER dan Vertical Rescue Indonesia Sambungkan 2 Desa di Pelosok Tasikmalaya

Kamis, 15 Februari 2024 – 12:13 WIB
Jembatan EIGER dan Vertical Rescue Indonesia Sambungkan 2 Desa di Pelosok Tasikmalaya - JPNN.COM
Penampakan jembatan gantung di Desa Cisempur yang membentang sepanjang 140 meter yang dibangun EIGER Adventure dan Vertical Rescue Indonesia berkolaborasi dengan prajurit TNI dari Brigif 13 Kostrad dan seluruh elemen masyarakat desa. Foto: Dokumentasi EIGER Adventure

jpnn.com, TASIKMALAYA - Sungai Ciwulan dengan panjang sekitar 114 kilometer berhulu di Kabupaten Garut, membentang sepanjang Kota dan Kabupaten Tasikmalaya hingga bermuara di Samudera Hindia.

Keberadaan sungai ini menjadi berkah sekaligus tantangan bagi ribuan warga, khususnya yang berdomisili di dua desa yang terbelah oleh aliran sungai besar, yakni Desa Cisempur Kecamatan Cibalong, dan Desa Mandalahurip Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Sepanjang perbatasan kedua desa ini, Sungai Ciwulan memiliki lebar kurang lebih 100-150 meter memisahkan ribuan warga di dua desa pelosok Kabupaten Tasikmalaya.

Namun, problemnya adalah kesulitan akses warga di Desa Cisempur dan Desa Mandalahurip.

Mereka harus memutar jauh dengan jarak 5-8 kilometer untuk menyeberang di jembatan yang berada di jalan utama.

“Banyak anak-anak sekolah dan guru di Desa Mandalahurip terpaksa daripada memutar jauh, mereka menyeberang sungai menggunakan rakit, menantang arus sungai yang deras menuju sekolah di Desa Cisempur,” ungkap Kepala Desa Cisempur Didi Setyadi.

Berawal dari cerita inilah, Vertical Rescue Indonesia dan EIGER Adventure berkolaborasi dengan prajurit TNI dari Brigif 13 Kostrad dan seluruh elemen masyarakat dari dua desa bahu membahu membangun sebuah jembatan gantung membentang sepanjang 140 meter.

Manager EIGER Adventure Service Team Galih Donikara mengatakan jembatan di Desa Cisempur adalah jembatan ke-8 yang dibangun EIGER bersama Vertical Rescue Indonesia.

Jembatan gantung yang membentang sepanjang 140 meter di atas sungai Ciwulan kini bisa menghubungkan dua desa yang berada di pelosok Tasikmalaya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close