Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jembatan Jawa-Sumatera Segera Dibangun

Konstruksi Tahan Gempa Hingga 9 SR

Minggu, 27 Juli 2008 – 08:05 WIB
Jembatan Jawa-Sumatera Segera Dibangun - JPNN.COM
JAKARTA – Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas infrastruktur terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan mendorong pembangunan jembatan Jawa-Sumatera yang bakal dirancang sedemikian rupa sehingga tahan gempa.

      Pembangunan tersebut akan melibatkan berbagai investor asing diantaranya investor dari Persatuan Emirat Arab (PEA). Dubes RI untuk PEA M. Wahid Supriyadi mengemukakan bahwa salah satu perhatian menyangkut jembatan tersebut adalah kemampuan jembatan jika terjadi gempa dalam skala yang cukup tinggi, mengingat berada di daerah sering terjadinya gempa.

      “Sesuai studi awal yang dilakukan oleh Prof. Dr. Wiratman Wangsadinata, dengan  bahan ringan namun kuat dan didukung teknologi pembuatan jembatan generasi ketiga, maka Jembatan Jawa-Sumatera akan mampu bertahan jika terjadi gempa dengan kekuatan 9 skala richter,” ujarnya dalam keterangan resminya yang dipublikasikan Sabtu (26/7).

    Wahid sebelumnya atas permintaan Kantor Pusat Informasi Wakil Perdana Menteri Persatuan Emirat Arab (PEA) memberikan presentasi tentang proyek jembatan yang menghubungkan Jawa dan Sumatera dengan judul The Java-Sumatera Super Bridge pada 21 Juli 2008 bertempat di Gedung Pusat Informasi Wakil PM PEA.

      Presentasi tersebut dihadiri kalangan diplomat, para peneliti senior,  pengusaha, akademisi, media massa dan masyarakat setempat.

      Dubes mengemukakan alasan-alasan di balik ide pembangunan jembatan yang menghubungkan Pulau Jawa-Sumatera, manfaat yang diperoleh baik secara ekonomi maupun sosial budaya.

      “Perkembangan terakhir proyek jembatan tersebut adalah sudah dilakukannya berbagai hal termasuk pre-feasibility study dan rencana feasibility study yang akan dilakukan dengan memperhitungkan aspek teknologi, finansial dan sosial budaya,” ungkapnya.

      Wahid juga menyinggung mengenai peranan investor yang siginifikan dalam mega proyek tersebut. Beberapa peserta menanyakan mengenai mengapa sampai sekarang proyek jembatan  tersebut belum juga terlaksana, mengingat ide pembangunan jembatan sudah cukup lama.

JAKARTA – Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas infrastruktur terus dilakukan. Salah satunya adalah dengan mendorong pembangunan jembatan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close