Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jemput Bonus Demografi, Indeks Literasi Milenial Harus Ditingkatkan

Selasa, 10 November 2020 – 20:17 WIB
Jemput Bonus Demografi, Indeks Literasi Milenial Harus Ditingkatkan - JPNN.COM
Webinar dalam rangka hari pahlawan nasional dengan pembicara Kepala Perpusnas RI Syarif Bando dan Anggota Komisi X Putra Nababan. foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando mengatakan, para pemuda harus meningkatkan  kemampuan literasinya dalam menghadapi  persaingan di tingkat global.

Ilmu pengetahuan dan perkembangan teknologi digital harus mampu dikuasai milenial agar tidak tertinggal.

"Untuk menguasai perkembangan teknologi, literasi harus diperkuat. Di sini perpustakaan hadir, baik dengan konsep karya cetak dan rekam," kata Syarif dalam webinar bersama Perpustakaan Nasional RI bertema Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020, Selasa (10/11).

Dijelaskan Syarif, bila orang berjam-jam berselancar di media sosial, tanpa harapan jelas dan ingin mendapat sesuatu dari internet, sama artinya berselancar di gelombang dengan pengetahuan yang sangat dangkal serta tidak pasti.

Berbeda bila membaca buku sama dengan menyelam di laut dalam dengan seluruh pengetahuan yang sangat detail, komprehensif yang memastikan bisa mengambil sikap untuk masa depan. Langkah ini menjadi modal generasi milenial menghadapi percaturan global. 

Syarif menyatakan literasi menurut UNESCO bukanlah sekadar kemampuan mengenal huruf, kata, kalimat, hubungan sebab-akibat, dan mengeluarkan pendapat tetapi lebih luas dari itu. 

Literasi di era kini mempunyai 4 unsur. Pertama, seseorang perlu memiliki kemampuan terhadap aksesilibitas sumber informasi yang terpercaya. Kedua memahami apa yang tersurat dan tersirat, makanya mustahil memahami sesuatu tanpa membaca. 

Ketiga kemampuan membuat ide baru, gagasan, inovasi dan gagasan baru. Keempat percaturan global akhirnya menciptakan persaingan bangsa. 

Kemampuan literasi milenial masih rendah sehingga perlu ditingkatkan sesuai target presiden untuk menjemput bonus demografi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close