Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jenderal Agus Subiyanto Tegas, Prajurit TNI Tidak Boleh Berpolitik Praktis

Rabu, 08 November 2023 – 11:17 WIB
Jenderal Agus Subiyanto Tegas, Prajurit TNI Tidak Boleh Berpolitik Praktis - JPNN.COM
Kasad Jenderal TNI Agus Subiyanto mewanti-wanti prajurit TNI tidak bermain politik praktis menjelang Pemilu 2024. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf TNI AD atau KSAD Jenderal Agus Subiyanto mengingatkan prajurit untuk bisa bersikap netral pada Pilpres 2024 karena hal itu menjadi amanat UU TNI Nomor 34 Tahun 2004.

KASAD Agus mengatakan itu setelah menghadiri apel gelar pasukan TNI AD untuk mengamankan pemilu di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat, Rabu (8/11).

"Kami koridornya Undang-Undang TNI Nomor 34 Tahun 2004, di mana kami tidak boleh berpolitik praktis," kata mantan Wakil Kepala Staf TNI AD itu ditemui di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

Agus menyebut prajurit TNI wajib mengundurkan diri dari dinas kemiliteran apabila mereka ingin berpolitik praktis pada Pemilu 2024.

"Kalau mau berpolitik praktis, harus keluar dari TNI," ujar mantan Pangdam III/Siliwangi itu.

Jenderal Agus mengatakan ada konsekuensi sanksi kemiliteran sampai pidana apabila prajurit ingin berpolitik praktis pada Pemilu 2024.

"Apabila melanggar Undang-Undang tersebut, akan ditindak pidana, ataupun dari tindakan disiplin dari pimpinannya. Kami koridornya itu saja," kata dia.

Agus mengaku sudah mengingatkan tentang netralitas dan profesionalitas kepada para prajurit secara langsung dan mereka siap menaati UU TNI menyikapi Pemilu 2024.

KSAD Jenderal Agus Subiyanto menyatakan prajurit TNI wajib mengundurkan diri jika ingin berpolitik praktis pada Pemilu 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close