Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jenderal Andika Jadi Panglima, TNI Makin Dipercaya

Minggu, 05 Desember 2021 – 20:43 WIB
Jenderal Andika Jadi Panglima, TNI Makin Dipercaya - JPNN.COM
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) di Surabaya, Sabtu (4/12/2021). ANTARA/Didik Suhartono

jpnn.com, JAKARTA - Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, kepercayaan publik terhadap TNI meningkat seiring ditetapkannya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima. Dia menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang pensiun.

Hasil survei tersebut mengungkapkan, sebanyak 95% publik sangat percaya dan percaya kepada TNI. Pada hasil riset sebelumnya pada September 2020, skornya hanya 89,8%.

Dengan demikian, terang Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi, Jenderal Andika berhasil mempertahankan reputasi TNI sebagai lembaga paling dipercaya publik dibandingkan institusi lainnya.

"Kepercayaan publik yang tetap tinggi ini membuktikan bahwa TNI paling dicintai masyarakat dan sukses dalam menjalankan profesionalisme militer dan menjaga pertahanan dan keamanan negara," ucapnya dalam pemaparan hasil survei Indikator secara daring, Minggu (5/11).

Burhan melanjutkan, tren positif tersebut terhadap TNI bergerak naik sejak Agustus 2016. Kala itu, institusi militer berada di posisi kedua dengan 87,5% dan akhirnya di peringkat pertama sejak September 2017 dengan persentase 92,4% hingga sekarang.

Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan TNI berada di puncak. Pertama, profesionalisme militer dengan tidak berpartisipasi langsung dalam politik praktis.

"Jadi semakin setuju responden dengan TNI tidak masuk politik domestik, politik praktis, semakin percaya responden terhadap TNI. Nah, ini punya implikasi pada TNI," jelasnya.

"TNI kalau ingin menjaga trust publik yang paling tinggi, maka TNI di bawah Panglima Andika harus commit untuk menciptakan militer yang profesional, militer yang menjaga jarak dengan kekuatan politik praktis," sambung Burhan.

Survei Indikator Politik Indonesia menyebutkan, kepercayaan publik terhadap TNI meningkat seiring ditetapkannya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close