Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jepang Tawarkan Bantu Aceh, Minta Dukungan 5 November Hari Tsunami Internasional

Jumat, 27 November 2015 – 07:19 WIB
Jepang Tawarkan Bantu Aceh, Minta Dukungan 5 November Hari Tsunami Internasional - JPNN.COM
Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia Toshihiro Nikai berkunjung ke Aceh kemarin (26/11) bertemu dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Podopo Aceh. Foto: Rakyat Aceh/JPG

jpnn.com - BANDA ACEH - Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia Toshihiro Nikai bersama rombongan kemarin (26/11) bertemu dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah di Podopo Aceh.

Dalam pertemuan tersebut, pemerintah  Jepang mengajak dan menawarkan kerja sama dengan Aceh di berbagai sektor. Termasuk tawaran bantuan di sektor pertanian, kelautan dan perikanan, pembangunan museum kembar dan sektor tanggap bencana

Terkait dengan tawaran itu, Gubernur Aceh menyatakan menyambut baik namun akan membahasnya lebih lanjut. 

Menurut Zaini Abdullah, selain untuk terciptanya hubungan bilateral lebih baik antara dua negara Indonesia dan Jepang, juga bisa membantu Aceh dalam hal mengembangkan sektor ekonomi, pariwisata dan ilmu kebencanaan.

"Mereka cukup puas berkunjung kemari. Terkait hubungan emosional kedua belah pihak, banyak hal dibahas dan didiskusikan. Ditekankan pasca tsunami, karena daerah ini sangat sensitif terhadap kebencanaan. Ini gun membuat planning pencegahan kebencanaan," kata Zaini Abdullah, kepada wartawan usai menerima kujungan delegasi Jepang itu.

Ditambahkannya lagi, untuk ke depan, pemerintah Aceh akan melakukan kerja sama dengan Jepang terkait dengan meseum, fasilitas untuk kebencanaan dan pertanian dan eventasi."Mereka bahas banyak hal, pendidikan, kelautan, pertanian, soal kerja sama baru pembicaraan, untuk pinjaman atau hibah belum tahu kita," sebutnya.

Pemerintah Aceh akan diundang kesana guna membahas lebih lanjut terkait dengan pertemuan di Pendopo Gubernur Aceh.

Sementara itu, Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia, Toshihiro Nikai mengatakan, menmberikan komitmen bekerjasama bisang pertanian. Dia juga tertarik dengan Museum Tsunami, yang dianggapnya penting untuk pendidikan anak-anak.

BANDA ACEH - Ketua Liga Parlemen Jepang-Indonesia Toshihiro Nikai bersama rombongan kemarin (26/11) bertemu dengan Gubernur Aceh Zaini Abdullah di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close