Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jhoni Sebut SBY Tidak Pernah Berkeringat untuk Demokrat

Senin, 01 Maret 2021 – 17:05 WIB
Jhoni Sebut SBY Tidak Pernah Berkeringat untuk Demokrat - JPNN.COM
Jhoni Allen Marbun. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan politikus Partai Demokrat Jhoni Allen Marbun menyebut Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukan sosok yang benar-benar berjasa bagi Demokrat.

Menurut Jhoni, SBY tidak pernah berjuang dan bersusah payah meloloskan Demokrat sebagai partai peserta Pemilu pada 2004.

"Demi Tuhan saya bersaksi bahwa SBY tidak berkeringat sama sekali apalagi berdarah-darah sebagaimana pernyataannya di berbagai kesempatan," kata Jhoni kepada awak media, Senin (1/3).

Menurut Jhoni, SBY bergabung dengan Demokrat setelah lolos verifikasi KPU untuk Pemilu 2004. Setelah bergabung, SBY memasukkan almarhumah Ani Yudhoyono sebagai satu di antara Wakil Ketua Umum Demokrat.

"Ini menegaskan SBY bukanlah pendiri Partai Demokrat," ujar dia.

Berdasarkan fakta sejarah, kata Jhoni, para pendiri dan kader Demokrat di daerah yang paling berjasa membangun partai. Sementara itu, SBY tidak merasakan pahitnya membangun partai dari awal.

"Perjuangan para kader dari Sabang sampai Merauke bersusah payah bekerja keras tidak mengenal lelah dan waktu untuk bekerja bersama-sama meloloskan Partai Demokrat pada verifikasi KPU sehingga menjadi peserta Pemilu 2024," kata dia.

Kini, kata Jhoni, SBY justru menjadikan Demokrat sebagai partai keluarga. Hal itu mulai terlihat saat gelaran Kongres III partai di Bali pada 2013.

Jhoni Allen Marbun menyebutkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bukan sosok yang benar-benar berjasa bagi Demokrat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close