Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jika Duet Ganjar-Anies Terjadi, Demokrat - PKS Akan Merasa Dikhianati

Kamis, 24 Agustus 2023 – 10:00 WIB
Jika Duet Ganjar-Anies Terjadi, Demokrat - PKS Akan Merasa Dikhianati - JPNN.COM
Wacana Duet Ganjar Pranowo - Anies Baswedan (Ganjar-Anies) jadi perbincangan. Ilustrator: Sultan Amanda/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Duet Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan (Ganjar-Anies) pada Pilpres 2024 dinilai bisa menjadi solusi konsolidasi nasional dan mengakhiri keterbelahan politik di akar rumput.

Pendapat itu disampaikan Direktur SCL Taktika Konsultan Iqbal Themi merespons munculnya wacana menduetkan gubernur Jateng Ganjar Pranowo dengan eks gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024.

"Dari perspektif persatuan nasional, bisa mengakhiri keterbelahan politik yang saling berdiametral antara kelompok nasionalis dan Islam sejak Pilkada 2017, Pilpres 2019, hingga saat ini riak-riaknya masih terasa di akar rumput," ucap Iqbal dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu (23/8).

Dia menjelaskan bahwa wacana menduetkan Ganjar - Anies bisa menjadi jalan tengah sekaligus solusi konsolidasi nasional untuk membicarakan kepentingan politik kebangsaan yang lebih besar.

Terlebih pascapandemi Covid-19, Indonesia masih terus membutuhkan upaya percepatan pertumbuhan ekonomi.

"Di titik ini konsolidasi nasional, yakni persatuan elite hingga rakyat menjadi kunci utama," ucapnya.

Iqbal mengatakan bakal calon presiden Prabowo Subianto sudah diusung oleh partai politik berhaluan nasionalis dan religius.

Apabila duet Ganjar-Anies terjadi, maka dua kontestan Pilpres 2024 sama-sama didukung oleh kelompok nasionalis dan religius.

Wacana menduetkan Ganjar Panowo - Anies Baswedan (Ganjar-Anies) lagi jadi perbincangan. Pengamat politik sebut Demokrat dan PKS merasa akan dikhianati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close