Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jiwasraya dan Bumiputera Paling Banyak Dikomplain Nasabah

Selasa, 14 Januari 2020 – 20:22 WIB
Jiwasraya dan Bumiputera Paling Banyak Dikomplain Nasabah - JPNN.COM
OJK. Foto: JPNN

jpnn.com, SURABAYA - Dua perusahaan asuransi pelat merah, Jiwasraya dan Bumiputera, disebut paling banyak mendapat komplain dari nasabahnya sepanjang 2019.

Dalam laporan Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 di Surabaya, pihaknya telah menerima keluhan total 174 nasabah.

Kepala OJK Regional 4 Jatim, Heru Cahyono, mengatakan 80 persen dari pengaduan mengenai asuransi yang masuk ialah dari nasabah Jiwasraya dan AJB Bumiputera 1912.

"Itu laporan yang masuk ke Kantor OJK Surabaya saja. Belum termasuk kantor-kantor OJK yang lain, seperti di Malang, Jember, dan Kediri," kata Heru lagi.

Ia menjelaskan, jenis pengaduan mayoritas terkait masalah pencairan klaim yang terlambat dan berbelit-belit. OJK, kata dia, telah menindaklanjuti dengan menyampaikan pengaduan itu kepada kedua perusahaan tersebut.

"Beberapa di antaranya ada yang sudah diselesaikan, ada juga yang masih dalam proses. Pihak asuransi menyatakan perlu memprioritaskan masalah mana yang perlu didahulukan. Karena kan masalah yang dilaporkan nasabahnya banyak secara nasional," tambahnya.

Heru mengatakan belum bisa membeberkan berapa pengaduan yang telah diatasi, serta berapa total nilai kerugian yang dilaporkan masyarakat.

"Yang jelas, kami berjanji untuk mengomunikasikan dan mengawasi penyelesaian masalah klaim yang tertunda. Dari pihak asuransinya juga sedang berkoordinasi dengan kantor pusatnya dan kementerian terkait mengenai masalah keuangan perusahaan. OJK hanya menjembatani keluhan yang ada," kata Heru.

Dua perusahaan asuransi pelat merah, Jiwasraya dan Bumiputera, disebut paling banyak mendapat komplain dari nasabahnya sepanjang 2019.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close