Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Ajak Masyarakat Wonogiri Manfaatkan Lahan Kritis

Minggu, 16 Februari 2020 – 00:35 WIB
Jokowi Ajak Masyarakat Wonogiri Manfaatkan Lahan Kritis - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo saat menanam vetiver di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Kabupaten Wonogiri. Foto: ANTARA/Aris Wasita

jpnn.com, WONOGIRI - Presiden Jokowi menyambangi Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, tepatnya di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono untuk mengajak masyarakat memanfaatkan lahan kritis di daerah tersebut, Sabtu.

Jokowi yang didampingi sang istri Iriana Joko Widodo sampai di lokasi pada pukul 10.25 WIB dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Saat sampai di lokasi, Jokowi langsung meninjau kawasan yang biasa terjadi sedimentasi. Usai berdialog dengan sejumlah warga, Jokowi langsung melakukan penanaman pohon di lokasi tersebut.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, ada empat varietas tanaman yang ditanam oleh Jokowi, yaitu vetiver, porang, petai, dan durian.

"Untuk di lokasi sini tepatnya ada 2.000 pohon yang akan ditanami. Nanti akan ada beberapa varietas, selain empat itu ada juga jengkol dan kelengkeng," katanya.

Ia mengatakan, pada kunjungannya itu Jokowi menyampaikan pesan bahwa lahan kritis harus dioptimalkan dan diberdayakan dengan varietas yang cocok.

"Vetiver maupun tanaman keras lain yang lebih utama, bagaimana lahan kritis ini ke depan diberdayakan agar kerusakan atau sedimentasi daerah aliran sungai bisa diantisipasi," katanya.

Ia mengatakan, diperlukan juga kesadaran dari masyarakat sekitar untuk mengoptimalkan lahan yang dianggap kritis dan tidak potensial.

Jokowi melakukan penanaman pohon di Desa Jatisari, Kecamatan Jatisrono, Wonogiri bersama Ibu Negara Iriana Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close