Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Bakal Resmikan Landasan Pacu 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta

Kamis, 23 Januari 2020 – 14:40 WIB
Jokowi Bakal Resmikan Landasan Pacu 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta - JPNN.COM
Landasan Pacu 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Foto dok BKIP Kemenhub

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dijadwalkan akan mendampingi Presiden RI Joko Widodo, Kamis (23/1) sore untuk meresmikan landasan pacu (runway) 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

“Sore ini, pak Menhub dijadwalkan akan mendampingi bapak Presiden meresmikan runway ke-3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yang diharapkan bisa menjadi solusi kepadatan aktivitas pergerakan pesawat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Hengki Angkasawan, di Jakarta. 

Saat ini Bandara memiliki tiga landas pacu (runway) yaitu Runway 1 yang terletak di Selatan serta Runway 2 dan Runway 3 di Utara.

Landasan pacu (runway) ke-3 Bandara Soetta yang sudah beroperasi sejak akhir tahun lalu, dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat tinggi di Bandara tersebut.

Dengan adanya runway ke-3 yang berukuran 3000 x 60 meter ini, pergerakan pesawat di Bandara Soetta tercatat meningkat dari semula 81 pergerakan pesawat per jam menjadi 114 pergerakan pesawat per jam baik lepas landas (take off) maupun pendaratan (landing).

Tercatat, pergerakan pesawat dari runway selatan menuju runway utara yang semula membutuhkan waktu 30 menit sekarang hanya 7 menit.

Selain meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat, kecepatan dan pelayanan terhadap penumpang tentunya pembangunan runway ke-3 ini juga bisa meningkatkan keselamatan penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.(chi/jpnn)

Landasan pacu (runway) ke-3 Bandara Soetta dibangun untuk meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat yang sudah sangat tinggi di Bandara tersebut.

Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close