Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Menhub Apresiasi Upaya AP II dan Airnav Tingkatkan Kapasitas Bandara Soetta

Senin, 27 Januari 2020 – 04:36 WIB
Menhub Apresiasi Upaya AP II dan Airnav Tingkatkan Kapasitas Bandara Soetta - JPNN.COM
Landasan Pacu 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Foto dok BKIP Kemenhub

jpnn.com, TANGERANG - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pergerakan lalu lintas penerbangan di runway 3 dan east connection taxiway dari Tower JATSC milik Airnav Indonesia, di area Bandara Soekarno Hatta.

Budi mengatakan, keberadaan dua fasilitas tersebut sangat penting untuk meningkatkan pelayanan penerbangan dalam dan luar negeri di Bandara Soetta.

“Saya bangga dan mengapresiasi apa yang dilakukan oleh AP II dan Airnav, karena membuktikan anak bangsa mampu untuk membuat satu bandara dan ATC yang sama kompetitifnya dengan dunia internasional," ungkap Budi.

Saat ini kata Budi, sudah lebih dari 81 pesawat take off landing dalam 1 jam.

Beroperasinya dua fasilitas tersebut diharapkan memberikan kenyamanan bagi penumpang dengan berkurangnya delay dan antrean pesawat.

Fasilitas tersebut juga akan meningkatkan faktor keselamatan penerbangan (safety) karena dengan adanya runway ke-tiga, take off dan landing di runway bagian utara menjadi terpisah antara runway 2 dan runway 3.

Ditambah lagi dengan kehadiran East Connection Taxiway, mengurangi potensi taxiway blocking.

Kemudian, fasilitas tersebut dinilai akan menambah manfaat nilai ekonomi karena lebih efisien yaitu mengurangi jumlah dan waktu antrean pesawat di taxiway holding-point di darat sebelumnya dari 6 hingga 9 pesawat menjadi rata-rata 3 pesawat.

Keberadaan dua fasilitas tersebut sangat penting untuk meningkatkan pelayanan penerbangan dalam dan luar negeri di Bandara Soetta.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close