Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi: Bali Provinsi Pertama Seluruh Tanahnya Bersertifikat

Jumat, 14 Juni 2019 – 15:15 WIB
Jokowi: Bali Provinsi Pertama Seluruh Tanahnya Bersertifikat - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: JawaPos.com

jpnn.com, BANGLI - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa Bali merupakan provinsi pertama di Indonesia yang seluruh bidang tanahnya akan bersertifikat pada tahun 2019.

"Patut bersyukur, khusus untuk Provinsi Bali nanti yang pertama semua sertifikat selesai tahun ini. Tadi Pak Menteri Agraria menyampaikan, Bali adalah provinsi pertama yang semuanya sudah pegang sertifikat," kata Jokowi, usai menyerahkan 3.000 sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat dari sejumlah wilayah di Provinsi Bali, di lapangan umum Kilobar, Kabupaten Bangli, Jumat (14/6/2019).

BACA JUGA: Jokowi Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah di Bangka Belitung

Meski demikian, katanya, di seluruh wilayah Indonesia masih terdapat puluhan juta bidang tanah yang masih belum bersertifikat. Padahal, sertifikat merupakan bukti hukum atas kepemilikan tanah atau lahan.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Bagikan 5.000 Sertifikat Tanah untuk Warga Bogor

Untuk mempercepat penerbitan sertifikat tersebut, sejak tahun 2015 pemerintah telah meluncurkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang mempermudah rakyat untuk mendapatkan sertifikat atas tanah yang mereka miliki.

Dengan program tersebut, penerbitan sertifikat dalam jumlah yang lebih besar dari biasanya dapat terealisasi. "Kita perkirakan tahun 2025 itu seluruh sertifikat sudah bisa diberikan kepada masyarakat," katanya. (fat/jpnn)

Untuk mempercepat penerbitan sertifikat tersebut, pemerintah sejak tahun 2015 telah meluncurkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close