Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Ingin IKN Nusantara Jadi Kota Terbaik di Dunia

Rabu, 22 Februari 2023 – 18:20 WIB
Jokowi Ingin IKN Nusantara Jadi Kota Terbaik di Dunia - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menghadiri acara pembukaan Muktamar ke-XVIII Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (23/2). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan alasan utama dibangunnya Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ialah pemerataan baik dari sisi ekonomi, penduduk, maupun pembangunan.

Hal itu disampaikan Jokowi saat menghadiri pembukaan Muktamar ke-XVIII Pengurus Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah, yang digelar di Balikpapan Sport and Convention Center, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur, Rabu (23/2).

"Semuanya ada di Jawa, 58 persen (PDB ekonomi), dan 56 persen penduduk Indonesia itu ada di Jawa. Betapa sangat padatnya Pulau Jawa sehingga memerlukan yang namanya pemerataan pembangunan tidak Jawasentris, tetapi Indonesiasentris," ujar Jokowi dalam sambutannya.

Presiden juga menegaskan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN di Provinsi Kalimantan Timur bukan merupakan gagasan dirinya.

Menurutnya, Presiden Pertama RI Soekarno yang menggagas pemindahan ibu kota pada 1960.

"Ini sudah sejak Bung Karno pada 60, Bung Karno sudah akan memindahkan Ibu Kota Jakarta itu ke Kalimantan, yaitu di Palangkaraya," ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, eks gubernur DKI Jakarta itu juga menekankan bahwa pemindahan ibu kota bukan sekadar pemindahan fisik terkait bangunan atau gedung-gedung pemerintahan.

Menurut dia, ada pemindahan budaya kerja dan pola pikir baru disertai dengan sistem dan sumber daya manusia yang dipersiapkan dengan baik.

Jokowi menyampaikan pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN di Provinsi Kalimantan Timur bukan merupakan gagasan dirinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close