Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Instruksikan Restorasi Total Benteng Van Den Bosch

Jumat, 01 Februari 2019 – 21:09 WIB
Jokowi Instruksikan Restorasi Total Benteng Van Den Bosch - JPNN.COM
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo saat mengunjungi Benteng Van Den Bosch di Ngawi, Jawa Timur, Jumat (1/2). Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, NGAWI - Presiden Joko Widodo alias Jokowi singgah di Benteng Van Den Bosch, Kabupaten Ngawi, saat kunjungan kerjanya ke daerah itu, Jumat (1/2).

Selain minum kopi di warung yang berada di kawasan gedung peninggalan bersejarah itu, presiden juga berbincang dengan Bupati Ngawi Budi Sukistyono terkait restorasi bangunan yang menjadi saksi perjuangan Pangeran Diponegoro tersebut.

"Kita melihat karena tahun ini akan segera kita restorasi sehingga peninggalan-peninggalan ini harus kita rawat. Warisan pusaka seperti ini, heritage seperti ini, memang harus dijaga dan dipelihara," kata Jokowi di sela-sela peninjauan.

Dia memastikan pembangunan kembali benteng tersebut seperti semula, akan dilakukan mulai tahun ini. Dia bahkan telah menelpon langsung Menteri PUPR Basuki Hadimuljono guna menindaklanjutinya.

"Tahun ini langsung dikerjakan oleh Kementerian PU. Tadi sudah langsung saya telepon dan sudah siap," tegas Jokowi yang ketika itu juga didampingi Mensekab Pramono Anung dan Gubernur Jawa Timur Soekarwo.

Namun demikian, proses restorasi tersebut tidak bisa tuntas dalam satu tahun pengerjaan. Oleh sebab itu, baru baru sebagiab saja yang dipulihkan kondisinya tahun ini.

"Ini mungkin tahun ini separuh, tahun depan separuh. Dua tahun insyaallah rampung. Karena untuk merestorasi bangunan seperti ini ada kaidah-kaidah kepurbakalaan yang harus diikuti. Tidak bisa cepat-cepat kayak bangun bangunan yang lain," jelasnya.(fat/jpnn)

Presiden Jokowi langsung menelepon Kementerian PU setelah melihat langsung kondisi Benteng Van Den Bosch di Ngawi

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close