Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Jokowi Melirik Erick Thohir, Minta Masalah Jiwasraya Diselesaikan

Rabu, 18 Desember 2019 – 10:47 WIB
Jokowi Melirik Erick Thohir, Minta Masalah Jiwasraya Diselesaikan - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Bayu Prasetyo/Antara

jpnn.com, BALIKPAPAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya merespons persoalan yang membelit Jiwasraya, BUMN bidang perasuransian yang tengah dilanda gagal bayar terhadap para pemegang polisnya sekitar Rp 11 triliun.

"Ini adalah persoalan yang sudah lama sekali. Mungkin sepuluh tahun yang lalu, problem ini sudah. Dalam tiga tahun ini sebetulnya kami sudah tahu dan ingin menyelesaikan masalah ini," kata Jokowi di Balikpapan, Rabu (18/12).

Akan tetapi, mantan gubernur DKI Jakarta itu juga mengakui bahwa persoalan yang dihadapi perusahaan pelat merah itu bukan masalah ringan. Namun penyelesaiannya sudah dibahas oleh pemerintah.

"Kemarin kami sudah rapat Kementerian BUMN dan Kementerian Keuangan. Yang jelas gambaran solusinya sudah ada, kami tengah mencari solusi itu, sudah ada masih dalam proses semuanya," ucap Jokowi sambil melirik Menteri BUMN Erick Thohir di sampingnya.

Jokowi mengatakan yang berkaitan dengan hukum, kalau sudah masuk kriminal maka itu sudah masuk ranah hukum. Akan tetapi alternatif penyelesaian itu memang sedang diproses pemerintah. "Kami harapkan nanti segera selesai. Saya yakin. Ini Pak Menteri. Berapa bulan pak?" ucap Jokowi.

Merespons hal itu, Erick Thohir menjawab bahwa penyelesaiannya akan diawali dengan restrukturisasi di PT Jiwasraya (Persero).

"Sesuai yang diharapkan Bapak Presiden, memang banyak hal-hal yang di BUMN itu harus direstrukturisasi. Tidak hanya Krakatau Steel tapi juga salah satunya Jiwasraya," kata Erick.

Bos Mahaka Group itu menjelaskan bahwa persoalan di Jiwasraya sudah terjadi sejak 2006, dan terus meningkat tahun 2011. Oleh karena itu, penyelesaiannya juga butuh waktu.

loading...