Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Minta Masyarakat Contoh Korea Selatan Agar Produktif dan Berkualitas

Kamis, 15 Juni 2023 – 14:14 WIB
Jokowi Minta Masyarakat Contoh Korea Selatan Agar Produktif dan Berkualitas - JPNN.COM
Jokowi meminta agar masyarakat Indonesia bisa mencontoh Korea Selatan yang memiliki SDM produktif dan berkualitas. Foto: tangkapan layar YouTube akun Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa pada 2045 jumlah penduduk Indonesia diperkirakan akan mencapai 329,13 juta orang.

Menurut Jokowi, banyaknya jumlah penduduk tersebut, sumber daya manusia (SDM) juga seharusnya semakin berkualitas dan produktif. 

Hal ini dipaparkan Jokowi saat meluncurkan rancangan akhir RPJPN 2025-2045 “Indonesia Emas 2045”.

“Ini kekuatan besar kita, tetapi jangan hanya menang dari segi jumlah, juga dari harus segi kualitas SDM baik secara fisik, skill, karakter produktif, dan karakter disiplin,” ucap Jokowi dalam sambutannya di Djakarta Teater, Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (15/6).

Dengan SDM yang semakin produktif, pendapatan masyarakat juga bisa lebih tinggi.

Eks Wali Kota Solo ini pun meminta agar masyarakat Indonesia bisa mencontoh Korea Selatan yang memiliki SDM produktif dan berkualitas. Hal ini membuat GDP (gross domestic product) melesat hanya dalam waktu 8 tahun.

“Pada 1987 GDP mereka masih di angka 3.500, kemudian GDP di 1995, 8 tahun setelah itu, melompat menjadi 11.800. Lompatan seperti inilah yang perlu kita contoh karena kualitas SDM yang fokus,” kata dia.

Lompatan GDP tersebut juga membuat Korea Selatan keluar dari pendapatan menengah (middle income) ke pendapatan tinggi (high income).

Jokowi meminta agar masyarakat Indonesia bisa mencontoh Korea Selatan yang memiliki SDM produktif dan berkualitas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close