Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi Minta Masyarakat Tidak Jadikan Pandemi Covid-19 Sebagai Kendala

Minggu, 01 November 2020 – 00:04 WIB
Jokowi Minta Masyarakat Tidak Jadikan Pandemi Covid-19 Sebagai Kendala - JPNN.COM
Presiden Jokowi. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat seni dan budaya tidak menjadikan pandemi Covid-19 sebagai kendala dalam berkreasi.

Justru di saat seperti inilah, kata dia seluruh pihak tidak boleh menyerah dengan kesulitan dengan tetap berkreasi dan bergerak maju membangun memori masa depan yang lebih baik.

"Pekan Kebudayaan Nasional menjadi bukti bahwa para budayawan dan para pekerja seni di seluruh Tanah Air tidak mau tunduk oleh pandemi Covid-19, tidak mau menyerah oleh kesulitan dan tantangan yang dihadapi. Tidak peduli apa sukunya, apa agamanya, asal daerahnya, semua berupaya meletakkan satu bata, bata budaya, untuk membangun peradaban Indonesia Maju," kata Jokowi saat membuka Pekan Kebudayaan Nasional Tahun 2020 secara virtual, Sabtu (31/10).

Pekan Kebudayaan Nasional tahun ini mengangkat tema "Ruang Bersama Indonesia Bahagia" dengan menjadikan budaya sebagai pijakan dasar dalam menghadapi pandemi saat ini.

Jokowi menjelaskan, ketika menghadapi pandemi, memori masyarakat tangguh bencana kembali hidup. Jokowi menilai delapan bulan masyarakat terus memupuk rasa solidaritas, gotong royong, dan mendukung langkah-langkah pemerintah dalam mengatasi pandemi.

Dalam sejarah terbentuknya bangsa Indonesia, sikap optimistis dan pantang menyerah Indonesia memang terbentuk dari tantangan alam dan kondisi geografis nusantara.

Terlebih, negara Indonesia juga berdiri di atas cincin api yang membuat negara harus selalu siap siaga dalam menghadapi bencana.

Selama berabad-abad, kata Jokowi, nenek moyang bangsa Indonesia berusaha bersahabat dengan semua tantangan itu dan menjaga harmoni dengan alam lingkungan, membangun kebudayaan dan nilai-nilai keutamaan di atasnya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat seni dan budaya tidak menjadikan pandemi Covid-19 sebagai kendala dalam berkreasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close