Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Jokowi-PM Turnbull Bicara Kedaulatan Indonesia

Minggu, 26 Februari 2017 – 21:01 WIB
Jokowi-PM Turnbull Bicara Kedaulatan Indonesia - JPNN.COM
Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull dalam bilateral meeting di ASEM Villa, Vientiane Laos, 8 September 2016. Foto: presidenri.go.id

jpnn.com - jpnn.com - Presiden Joko Widodo dan PM Australia Malcolm Turnbull sepakat akan terus membangun hubungan baik dengan menghargai wilayah teritorial dan kedaulatan negara masing-masing.

Itu disampaikan kedua pemimpin negara bertentangga dalam keterangan pers bersama usai pertemuan bilateral Indonesia-Australia di Kiribilli House, Sydney, Minggu (26/2).

"Hubungan yang baik dapat tercapai saat kedua negara menghargai wilayah teritorial masing-masing dan tidak ikut campur urusan dalam negeri dan mampu mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan," ujar Presiden Jokowi.

Sementara itu, PM Turnbull juga mengatakan, Australia akan terus mengakui dan menghargai kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Lombok traktat pada tahun 2006 merupakan fondasi hubungan strategis dan keamanan kedua negara, bahwa Australia betul-betul memiliki komitmen untuk kedaulatan dan teritorial Indonesia," terangnya.

Di bidang pertahanan dan keamanan, kedua negara juga sepakat untuk kembali melanjutkan kerja sama melalui kerja sama pelatihan kemiliteran.

Sebelum memberikan keterangan pers bersama, kedua pemimpin negara itu sempat menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman di bidang kerja sama maritim yang ditandatangani oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop.

Kemudian di bidang ekonomi kreatif juga ditandatangani kesepahaman oleh Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf dan Menteri Komunikasi dan Seni Australia Mitch Fifield.(fat/jpnn)

Presiden Joko Widodo dan PM Australia Malcolm Turnbull sepakat akan terus membangun hubungan baik dengan menghargai wilayah teritorial dan kedaulatan

Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close